PENDAMPINGAN PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL MENGGUNAKAN TIKTOK SHOP PADA UMKM DAPUR ADHISTI DI KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v7i1.9287Keywords:
Pemasaran digital, Tiktok Shop, UMKMAbstract
UMKM memiliki peran penting dalam kemajuan perekonomian di Indonesia. Namun, masih banyak UMKM yang menghadapi kendala dalam pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran produknya. Dapur Adhisti merupakan salah satu UMKM di Kabupaten Cirebon yang masih memiliki permasalahan terkait pemasaran produk yaitu jumlah penjualan produk masih kurang meningkat. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran baru salah satunya adalah pemasaran digital melalui Tiktok Shop. Tujuan dari kegiatan masyarakat ini adalah melakukan pendampingan kepada UMKM Dapur Adhisti dalam pembuatan toko online dan pemasaran digital di Tiktok Shop sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan produk. Metode yang digunakan adalah partisipasi aktif yang meliputi tahapan observasi, identifikasi masalah, pembuatan materi promosi, dan pelaksanaan kegiatan pendampingan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pemilik UMKM Dapur Adhisti mengalami peningkatan pengetahuan terkait pemasaran digital dan langkah-langkah dalam pembuatan toko online di Tiktok Shop setelah kegiatan pendampingan dilakukan. Hasil akhir pendampingan bersama mitra yaitu terciptanya toko online ‘dapuradhisti’ di Tiktok Shop. Selain itu, hasil pengamatan selama 3 hari kegiatan pendampingan menunjukkan adanya peningkatan jumlah kunjungan pada toko online ‘dapuradhisti’ di Tiktok Shop. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa kegiatan pendampingan ini mampu memberikan pengetahuan terkait pemasaran digital dan pembuatan toko online di Tiktok Shop sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah pemasaran bagi UMKM Dapur Adhisti.
References
Husniyah, A., Basyah, N. A., & Mustofa, A. (2022). Dampak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran di Kota Sibolga. In Economica Didactica (Vol. 2, Issue 1).
Rizqi, M. A., & Himawan, A. F. I. (2022). Tranformasi digital & peningkatan kapasitas ukm di majelis ekonomi dan kewirausahan muhammadiyah. DedikasiMu, 4(1).
Saputra, A. G., Saefullah, Y., Saputra, M. R. B., Ardhana, M. R., Firmani, U., & Rahim, A. R. (2024). Meningkatkan brand awareness produk umkm “alena opak” melalui e- commerce shopee guna memperluas jangkauan pasar. DedikasiMu, 6(1).
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Riset Ekonomi Pembangunan, 4(1). https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
Setyadi, H. A., Nurohim, G. S., Nugroho, W., & Sutanto, S. (2023). Tiktok Shop Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Witpari Karanganyar. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v3i1.1726
Sofyan, S. (2017). Peran umkm (usaha mikro, kecil, dan menengah) dalam perekonomian indonesia. Bilancia, 11(1).
Sopah, F., Kusumawati, W., & Wahyudi, K. E. (2020). Implementasi kebijakan pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan umkm di kabupaten sidoarjo. Syntax Idea, 2(6).
Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis pengaruh pemasaran digital (digital marketing) terhadap brand awareness pada e-commerce. Manajerial, 12(2), 198. http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/
Yanti, I., Tasnim, N., & Febrianti Aulia, R. (2023). Analisis Perkembangan E-Business Dalam Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Shop. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 01, 185–189.