PENDAMPINGAN PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL MENGGUNAKAN TIKTOK SHOP PADA UMKM DAPUR ADHISTI DI KABUPATEN CIREBON
Abstract
UMKM memiliki peran penting dalam kemajuan perekonomian di Indonesia. Namun, masih banyak UMKM yang menghadapi kendala dalam pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran produknya. Dapur Adhisti merupakan salah satu UMKM di Kabupaten Cirebon yang masih memiliki permasalahan terkait pemasaran produk yaitu jumlah penjualan produk masih kurang meningkat. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran baru salah satunya adalah pemasaran digital melalui Tiktok Shop. Tujuan dari kegiatan masyarakat ini adalah melakukan pendampingan kepada UMKM Dapur Adhisti dalam pembuatan toko online dan pemasaran digital di Tiktok Shop sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan produk. Metode yang digunakan adalah partisipasi aktif yang meliputi tahapan observasi, identifikasi masalah, pembuatan materi promosi, dan pelaksanaan kegiatan pendampingan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pemilik UMKM Dapur Adhisti mengalami peningkatan pengetahuan terkait pemasaran digital dan langkah-langkah dalam pembuatan toko online di Tiktok Shop setelah kegiatan pendampingan dilakukan. Hasil akhir pendampingan bersama mitra yaitu terciptanya toko online ‘dapuradhisti’ di Tiktok Shop. Selain itu, hasil pengamatan selama 3 hari kegiatan pendampingan menunjukkan adanya peningkatan jumlah kunjungan pada toko online ‘dapuradhisti’ di Tiktok Shop. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa kegiatan pendampingan ini mampu memberikan pengetahuan terkait pemasaran digital dan pembuatan toko online di Tiktok Shop sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah pemasaran bagi UMKM Dapur Adhisti.