PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PENGUSAHA MINUMAN DURIAN MELALUI PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN MANAJEMEN PRODUKSI, KEUANGAN DAN PEMASARAN DI KOTA SURABAYA
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat tertentu secara sukarela. Program Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai bentuk kontribusi yang diwujudkan oleh para akademisi demi mendukung program pemerintah berdasarkan perundang-undangan. Memberdayakan kaum perempuan adalah strategi penting dalam meningkatkan peranan kaum perempuan dalam meningkatkan potensi mereka sehingga mereka mampu berdikari dan bekerja. Kesadaran mengenai peranan kaum perempuan telah mulai berkembang yang di tunjukkan dalam pendekatan program kaum perempuan dalam pembangunan. Ini berdasarkan satu ide mengenai perlunya kemerdekaan bagi kaum perempuan, agar pembangunan dapat di rasakan oleh semua. Oleh karena kaum perempuan adalah sumber manusia yang sangat berharga, kedudukan mereka terlibat dalam pembangunan. Untuk permasalahan di bidang produksi, tim akan memberikan saran dan uji coba kemasan produk dengan gelas plastik yang di di pres dengan menggunakan alat pres (dilakukan juga oleh mitra), melakukan konsultasi/ tes laboratorium. Selain itu tim akan memberikan gelas plastik pesanan khusus yang di beri merk agar lebih aman di konsumsi dan tahan lama. Selain itu dengan penyuluhan kebersihan pangan dari kader puskesmas yang juga kader posyandu di Kelurahan Mojo. Untuk permasalahan keuangan, tim akan memberikan Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Pembukuan Sederhana untuk mengetahui perkembangan usaha mereka. Untuk permasalahan di bidang pemasaran, tim akan mengawal mereka membuat label yang modern dan praktis dengan merk yang mereka ciptakan. Lalu mendampingi mereka melalukan pemasaran secara offline dan online agar jangkauan pasar mereka lebih luas. Secara Offline produk tersebut akan dibuatkan poster, banner dan gelas pesanan khusus, sedangkan secara online akan dilakukan dengan pembuatan kontak whatsapp dan pemasaran melalui market place. Untuk pemasaran online akan didahului dengan Pelatihan dan pendampingan IT yang melibatkan mitra dan anak mitra. Target Luaran adalah solusi atas permasalahan yang mereka hadapi, publikasi ilmiah melalui seminar prosiding PKM CSR, publikasi pada media massa, hak kekayaan intektual, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi, peningkatan pengelolaan keuangan dan pemasaran, peningkatan penerapan IPTEK, serta peningkatan nilai keperdulian sesama di masyarakat sekitar. Metode yang di gunakan adalah pendampingan personal terhadap mitra. Rencana yang akan dilakukan oleh tim adalah dengan memberikan pelatihan untuk manajemen usaha mereka ( mulai dari proses pengelolaan produksi, pembukuan sederhana, pemasaran efektif dan inspirasi pengusaha sukses ) dengan mendatangkan para pakar yang kompeten untuk mendongkrak usaha mereka. Setelah itu tim akan mengawal mitra untuk membuat label yang modern dan menarik dengan merek yang mereka ciptakan. Kemudian mendampingi mitra dalam memasarkan produk secara offline dan online agar jangkauan pasar lebih luas. Hasil dari pengabdian ini pendapatan dan kesejahteraan mitra mengalami peningkatan.