UPAYA MENGATASI TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ABAD XXI

  • Hadiyatan Wasilah

Abstract

Abstrak: Pendidikan Islam telah berkembang dari masa ke masa, hingga sampai pada abad XXI di mana pada abad ini globalisasi telah menjadi realitas yang dihadapi setiap individu. Namun terdapat dampak negatif yang ditimbulkan oleh globalisasi di antaranya semakin banyaknya generasi muda yang melakukan seks bebas, penggunaan obat terlarang, hilangnya norma-norma dalam kehidupan. Hal ini tentu menjadi beban bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan Islam karena pendidikan merupakan upaya sebagai proses perkembangan individu baik pada tataran moral maupun intelektual. Olehnya perlu dilakukan upaya dalam mengatasi tantangan serta problematika tersebut. Upaya dalam mengatasi tantangan pendidikan abad XXI diklasifikasikan bagi pemangku kebijakan pendidikan yang meliputi: 1) membangun orientasi dan visi pendidikan Islam; 2)integrasi antara ilmu agama dan umum; 3) pengembangan tradisi akademik. Klasifikasi kedua adalah upaya bagi Guru dalam pendidikan Islam yang meliputi: 1) reorientasi visi dan misi guru; 2) strategi pembelajaran; 3) penanaman serta penerapan nilai-nilai keislaman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 4, 2020
How to Cite
WASILAH, Hadiyatan. UPAYA MENGATASI TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ABAD XXI. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 077-090, apr. 2020. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/1379>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1379.