PENANAMAN KARAKTER DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNA LARAS DI SEKOLAH INKLUSI

  • Rifaah Salwa Albana Universitas Ahmad Dahlan
  • Alfi Zidanurrohim Universitas Ahmad Dahlan
  • Difa'ul Husna Universitas Ahmad Dahlan
  • Utut Abdillah Iskandar Universitas Ahmad Dahlan
  • Wahyu Lestari Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Pendidikan merupakan hak bagi setiap anak yang terlahir di dunia. Pendidikan memiliki tujuan salah satunya adalah membentuk karakter anak didik. Pendidikan karakter sangatlah penting untuk didapatkan oleh peserta didik. Salah satu media untuk menanamkan karakter adalah dengan melalui pendidikan agama islam di sekolah. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyampaikan pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Namun, bagaimana jika anak yang mempelajari pendidikan agama islam merupakan anak yang berkebutuhan khusus, khususnya anak tuna laras? Bagaimana cara menanamkan karakter melalui pendidikan agama islam kepada anak tuna laras? Apakah nantinya akan sama cara mendidiknya dengan anak yang tidak berkebutuhan khusus? Artikel ini membahas mengenai bagaimana cara menanamkan karakter kepada anak tunalaras, dengan tujuan memberikan gambaran bagaimana menanamkan pendidikan agama islam yang baik bagi anak tunalaras jika dilihat dari segi kebutuhannya, sehingga dapat terbentuk karakter dalam diri anak tunalaras. Artikel ini juga mengandung pembahasan mengenai bagaimana kondisi pisikologis anak tuna laras, bagaimana memberikan bimbingan kepada anak tuna laras, dan bagaimana menanamkan perilaku melalui pendidikan kepada anak tuna laras.
Keywords: Karakter, Pendidikan Agama Islam, Tuna Laras

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 8, 2023
How to Cite
ALBANA, Rifaah Salwa et al. PENANAMAN KARAKTER DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNA LARAS DI SEKOLAH INKLUSI. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 055-062, july 2023. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/6359>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v24i2.6359.