INOVASI PENDIDIKAN: KONSEP DASAR, TUJUAN, PRINSIP-PRINSIP DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PAI

  • J. Nabiel Aha Putra Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Samsul Susilawati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Akbar A'thoni Elhaq Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Inovasi pendidikan di Indonesia, masih terfokus pada kurikulum yang berubah-ubah
hal ini dipengaruhi oleh keadaan politik dan ekonomi. Sehingga, kerancuan penataan
pendidikan akan selalu ada dan selalu terpicu. Kondisi pendidikan yang seperti itu, dapat
memicu inovasi yang cukup banyak dan berkembang. Inovasi itu bahkan membuat pendidik
akan sulit untuk, melaksanakannya kepada peserta didik. Maka, diperlukan sebuah ketegasan
dan pembatasan dalam inovasi pendidikan. Sehingga, mampu memberikan dampak yang cukup
baik bagi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, tujuan, prinsip dan
implikasinya bagi pendidikan agama Islam. Hasil analisa menunjukkan bahwa, inovasi
pendidikan harus mempunyai konsep dasar yang kuat. Sehingga tujuan dan prinsipnya akan
berkesinambungan dan akan menghasilkan dampak yang baik, dengan menggunakan metode
pembiasaan dari pada model konstektual hasil inovasi pendidikan itu. Tentunya akan
mewujudkan peserta didik yang dapat mencapai tujuan dari pendidikan di Indonesia, yaitu
menjaga amar makruf nahi mungkar dan al-Akhlaq al-Karimah. Implikasi ini, menjadikan
pencapaian yang utama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 18, 2020
How to Cite
PUTRA, J. Nabiel Aha; SUSILAWATI, Samsul; ELHAQ, Akbar A'thoni. INOVASI PENDIDIKAN: KONSEP DASAR, TUJUAN, PRINSIP-PRINSIP DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PAI. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 44-52, dec. 2020. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/2916>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v22i1.2916.