EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK

  • Toni Ardi Rafsanjani Universitas Muhammadiyah Kudus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi efektivitas
pembelajaran daring terhadap kemampuan membaca anak. Metode penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan
Purposive Sampling. Data ini penulis kumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis naratif yang memungkinkan
penulis untuk lebih menginterpretasikan hasil observasi dan wawancara dari pihak responden.
hasilnya adalah ada sebanyak 18% anak yang sudah bisa membaca atau sesuai dengan
perkembangan kemampuan membaca yang seharusnya di usia 7 tahun. 22% anak yang
kemampuan membacanya biasa atau tidak ada perkembangan yang signifikan pada usia 7
tahun, kemudian ada sebanyak 60% anak belum bisa membaca atau lambat dalam
perkembangan kemampuan membaca pada usia 7 tahun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
kurang efektif pembelajaran secara daring untuk perkembangan kemampuan membaca anak.
Kata Kunci : efektivitas daring, kemampuan membaca, masa pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 6, 2022
How to Cite
RAFSANJANI, Toni Ardi. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 53-60, jan. 2022. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/4655>. Date accessed: 04 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v23i1.4655.