EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK

Authors

  • Toni Ardi Rafsanjani Universitas Muhammadiyah Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30587/tamaddun.v23i1.4655

Keywords:

Kata Kunci : efektivitas daring, kemampuan membaca, masa pandemi.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi efektivitas
pembelajaran daring terhadap kemampuan membaca anak. Metode penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan
Purposive Sampling. Data ini penulis kumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis naratif yang memungkinkan
penulis untuk lebih menginterpretasikan hasil observasi dan wawancara dari pihak responden.
hasilnya adalah ada sebanyak 18% anak yang sudah bisa membaca atau sesuai dengan
perkembangan kemampuan membaca yang seharusnya di usia 7 tahun. 22% anak yang
kemampuan membacanya biasa atau tidak ada perkembangan yang signifikan pada usia 7
tahun, kemudian ada sebanyak 60% anak belum bisa membaca atau lambat dalam
perkembangan kemampuan membaca pada usia 7 tahun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
kurang efektif pembelajaran secara daring untuk perkembangan kemampuan membaca anak.
Kata Kunci : efektivitas daring, kemampuan membaca, masa pandemi.

Downloads

Published

2022-01-06

How to Cite

Rafsanjani, T. A. (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK. Tamaddun : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 23(1), 53–60. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v23i1.4655

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.