NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM CINTA LAKI-LAKI BIASA

  • Fatirana Firdaus Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Noor Amirudin Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Abstrak Pendidikan itu penting bagi kehidupan manusia karena sebuah kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Penelitian ini menjelaskan tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam film “Cinta Laki-Laki Biasa”. Film ini diproduksi oleh Starvision, yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto. Dalam film ini menceritakan tentang kehidupan yang sederhana dengan akhlak yang baik, kesabaran, birrul walidain, tawadhu’, tawakal, dengan keluargaa yang harmonis, dan memanfaatkan waktu dengan melakukan ibadah sholat di sela-sela waktu bekerja. Namun faktanya banyak masyarakat yang belum bisa melakukan hal tersebut. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan agar masyarakat bisa melakukan hal baik dengan mengamalkan nilai pendidikan Islam. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah sebagi berikut: apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam film “Cinta Laki-Laki Biasa”. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Jenis dan sumber data diperoleh melalui data primer: berupa soft file film, dan data sekunder: berupa ebook, buku, dan situs-situs yang berhubungan denganpenelitian ini. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis yang lainnnya yaitu analisis isi menurut Krippendorft. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam film “Cinta Laki-Laki Biasa” terdapat nilai-nilai pendidikan Islam. Terdapat nilai akhlak, nilai tawadhu’, nilai sabar, nilai birrul walidain, nilai tawakal.
Kata Kunci : nilai-nilai, pendidikan Islam, film Cinta Laki-Laki Biasa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 17, 2023
How to Cite
FIRDAUS, Fatirana; AMIRUDIN, Noor. NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM CINTA LAKI-LAKI BIASA. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 027-033, jan. 2023. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/5889>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v24i1.5889.