ANALISIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM LIRIK LAGU RHOMA IRAMA KERAMAT
Abstract
Tujuan dari pendidikan Agama Islam adalah menurut Ibnu muskawaih seorang yang ahli dalam bidang ilmu fikih menitik beratkan rumusan dari tujuan pendidikan Agama Islam ini adalah untuk mencapai pendidikan yang berkualitas dan baik, benar dan indah. Dalam pendidikan yang membedakan antara pendidikan Agama Islam dengan pendidikan pada umunya yaitu dengan melihat dari pembatasan dalam pembelajaran yang diajarkan peserta didik dengan menekankan kepada pendidikan ilmu Agama Islam. Diharapkan pendidikan Agama Islam ini mampu memawa insan yang baik dan juga mempunyai budi pekerti sesuai dengan ajaran Agama Islam. Didalam ajaran Islam budi pekerti atau akhlak yang baik sangat ditekankan karena sangat mencerminkan seseorang beriman dan juga bertaqwa kepada Allah Swt. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pendidikan Agama Ialam yang terkandung dalam lirik lagu Rhoma Irama keramat adalah berbakti kepada seorang Ibu. Dalam lagunya yang berjudul keramat tersebut Rhoma Irama menyerukan kepada khalayak umum tentang pentingnya seorang anak berbuat baik kepada orang tuanya terutama kepada seorang Ibu yang derajadnya dalam Al-Qur’an lebih tinggi dari pada seorang ayah. Dalam menciptakan lagu Rhoma Irama berdasarkan atas kecintaannya kepada sang Ibu, Rhoma Irama sengaja menggunakan musik sebagai media untuk melakukan dakwanya dikarenakan Rhoa melihat mereka lebih suka kepada konser-konser musik dari pada menghadiri majlis-majlis ta’lim yang ada. Selain itu Rhoma Irama menyebutkan juga dalam lagunya yang berjudul keramat dengan menjelaskan tentang kesyirikan-kesyirikan yang dilakukan oleh manusia dengan menyamakan Allah Swt dengan yang lain, sedangkan dalam ajaran Agama Islam perbuatan Syirik itu sangat dilarang dan juga dosanya sangat besar sehinggah dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa balasan orang-orang yang melakukan perbuatan syirik itu sangatlah pedih.
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Lirik lagu keramat
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.