PENDIDIKAN HUMANISME DALAM PERSPEKTIF ISLAM

(Konsep dan Implementasinya dalam Pengelolaan Kelas)

  • admin admin
  • Noor Amirudin

Abstract

Pendidikan humanis memandang bahwa perkembangan kognitif atau intelektual sama pentingnya dengan afektif peserta didik yang harus dikembangkan dan merupakan aspek terpenting dalam pendidikan. Jelaslah bahwa pendidikan humanis berorientasi pada pengembangan manusia, menekankan nilai-nilai manusiawi, dan nilai-nilai cultural dalam pendidikan. Sasaran pokok pendidikan humanis adalah membentuk anggota keluarga, masyarakat, dan warga negara baik, yang memiliki jiwa demokratis, bertanggung jawab, memiliki harga diri, kreatif, rasional, objektif, tidak berprasangka, mawas diri terhadap perubahan dan pembaharuan serta mampu memanfaatkan waktu senggang secara efektif. Implementasi pendidikan humanis dalam pembelajaran perspektif Islam merupakan cara pendidik memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip keislaman dan kemanusiaan. Dalam metode belajar yang humanis, pendidik harus mengoptimalkan seluruh potensi peserta didik agar dapat berpikir kritis dan mengembangkan kemampuannya dalam keterampilan dan sikap.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 4, 2017
How to Cite
ADMIN, admin; AMIRUDIN, Noor. PENDIDIKAN HUMANISME DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], p. 1-25, nov. 2017. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/74>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.74.
Section
Articles