PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA SMP
DOI:
https://doi.org/10.30587/postulat.v5i2.9163Keywords:
Hasil Belajar, Media, Papan DiagramAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa belajar sebelum dan setelah menggunakan media papan diagram dan bagaimana penggunaan bahan ajar papan diagram mempengaruhi hasil belajar siswa ketika mempelajari statistik. Jenis penelitian ini dikenal sebagai pra-eksperimen. Desain One-Control Group Pretest Posttest digunakan dalam penelitian ini. Dengan memberikan pra-tes di awal dan pasca-tes di akhir, metode penelitian ini hanya memerlukan satu kelompok penelitian. Populasi penelitian dipilih secara purposive random sampling, yaitu siswa UPT SMPN 3 GRESIK. Sebanyak 32 siswa kelas VIII E UPT SMPN 3 GRESIK menjadi sampel penelitian. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Kolmogorov-Smirnov. Sebelum dan setelah menggunakan media papan diagram, hasil belajar rata-rata siswa meningkat dari 67,5 menjadi 92,8, menurut temuan pada penelitian ini. Kemudian, berdasarkan hasil uji Wilcoxon yang dihitung dari data keseluruhan siswa, nilai signifikan kurang dari 0,001. Hal ini menunjukkan bagaimana Papan Diagram mempengaruhi hasil belajar mereka baik sebelum maupun setelah menggunakan Papan Diagram.
References
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran (Vol. 10). PT. Rajagrafindo.
Cahyani, A. N., & Kironoratri, L. (2023). Penigkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Papan Diagram Pada Siswa Kelas V SD. 5(10), 671–678.
Hidajat, D., Pratiwi, D. A., & Afghohani, A. (2018). Analisis Kesulitan dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16.
Jawa, A. N., Bela, M. E., & Bhoke, W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Relasi dan Fungsi Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1568–1583.
Komariyah, N., & Pramesti, S. L. D. (2021). Pengaruh Media PADI (Papan Diagram) Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 706–726.
Kosasih, A., & Robertus, A. (2017). Optimalisasi Media Pembelajaran. Grasindo.
Lestari, Y. E., Maulina, Y. D., & Yusuf, M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV C Pada Pembelajaran Matematika Melalui Media PADI (Papan Diagram) di SDN 242 Palembang. Indonesian Journal Education and Develoment Research, 2(2), 1333–1339.
Muflihah, A. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 152–160.
Nasution, S. (1990). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar (Vol. 7). Bina Aksara.
Noviawan, A., Hanggorokasih, G. B., Ningsih, R. A., & Arifin, S. (t.t.). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Di SMK Negeri Pengkuku.
Noviyanti, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievment Divison Berbantuan Media Smart Papan Diagram Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Siswa Kelas V SDN 3 Krapyak. UNISNU.
Nugrahini, R. W., & Margunani, M. (2015). The Effect of Family Environment and Internet Usage on Learning Motivation. Jurnal Dinamika Pendidikan Unnes, 10(2), 166–175.
Pratiwi, D. (2017). Validitas Kartu Bio Quarte Berorientasi Joyful Learning Sebagai Sumber Belajar Untuk Pemantapan Materi Eubacteria Di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1).
Rahman, U. (2014). Memahami Psikologi Dalam Pendidikan (1st Edition). Alaudin University Press.
Sarosa, D., & Khairudin, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Mikroprosesor Di Smk Negeri 2 Pati. E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta, 6(1), 25–32.
Ummi Latifaturrodhita, Rini Damayanti, & Siti Romlah. (t.t.). Pengguanaan Media Papan Diagram untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Diagram Batang. Edutama : Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 52–62.