PENDEKATAN METODE SWOT DAN QSPM PADA STRATEGI PEMASARAN PRODUK PETIS UDANG ( Studi Kasus : UD. Sahabat Barokah di Desa Sungonlegowo )
Abstract
UD. Sahabat Barokah merupakan sebuah perusahaan home industri yang bergerak di
bidang manufaktur memproduksi petis udamg. Perusahaan ini masih mengalami permasalahan
dalam memasarkan produknya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk merumuskan strategi
pemasaran petis udang sehingga dapat menjadi pertimbangan perusahaan untuk meningkatkan
penjualan petis uadang. Pada penelitian produk petis udang ini menggunakan metode SWOT dan
QSPM. Metode SWOT adalah metode yang digunakan untuk menentukan strategi, sedangkan
metode QSPM adlah metode yang digunakan untuk menentukan alternafif strategi yang
digunakan perusahaan saat ini.
Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil alternatif strategi pemasaran SO :
Pengembangan produk dengan citra yang khas, Pengembangan pasar ke daerah baru, dan
Memanfaatkan musim tertentu untuk memenuhi permintaan pasar. WO : Menambah jaringan
pemasaran keberbagai daerah di jawa timur. ST : Membuat petis udang yang bervariasi. WT :
Melakukan promosi secara maksimal dengan memanfaatkan media brosur, pamflet, atau
internet untuk menarik minat pelanggan. Hasil dari matriks IFE berada diposisi sedang dengan
sekor bobot sebesar (2,94), sedangkan matriks EFE sekor bobot sebesar (2,97). Hasil dari
metode QSPM adalah membuat petis udang yang bervariasi dengan total nilai TAS sebesar
(6,36).
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.