ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PROSES PELAYANAN KONSUMEN DI MIE GACOAN XYZ

  • Mochammad Anshori Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Deny Andesta Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Antrean yang memanjang memang memberikan dampak positif bagi perusahaan sebaliknya bisa menjadi dampak negatif bagi perusahaan jika tidak dapat dikelola dengan baik. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan konsumen yang optimal. Batasan pada penelitian ini hanya berfokus pada Queue Number Inqueue dan Queue Waiting Time. Software yang digunakan untuk membantu penelitian agar hasilnya bisa akurat menggunakan software arena 14.0. pengambilan data dilaukan pada waktu malam yaitu jam 18.30 - 19.30 dan didapatkan hasil data sebanyak 53. pengumpulan data meliputi waktu pelayanan , waktu antar kedatangan dan waktu tunggu konsumen. Hasil pengolahan data dengan bantuan software arena menunjukkan bahwa dari ketiga skenario yang direncanakan bahwa skenario 3 adalah skenario yang terbaik untuk mengatasi antrian di mie gacoan XYZ dengan menambah 2 statsiun pelayanan maka model antrian yang cocok adalah Multi channel single phase dengan nilai Queue Number Inqueue antara 0 – 1 menit dan nilai Queue Waiting Time antara 0 - 0,37245 menit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 31, 2023
How to Cite
ANSHORI, Mochammad; ANDESTA, Deny. ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PROSES PELAYANAN KONSUMEN DI MIE GACOAN XYZ. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 115-121, oct. 2023. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/6718>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v4i1.6718.
Section
Articles