ANALISIS SIMULASI SISTEM ANTRIAN PEMESANAN MAKANAN PADA WARUNG APUNG RAHMAWATI GRESIK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kesibukan yang terdapat pada pelayanan di Warung Apung Rahmawti, Gresik dan memberikan usulan perbaikan sistem antrian berdasrkan model antrian yang sesuai pada Warung Apung Rahmawati. Metode yang digunakan adalah metode simulasi dengan software arena. Metode simulasi dapat memberikan penyelidikan yang langsung dan terperinci dalam periode waktu tertentu dan lebih realistis terhadap sistem nyata. Data yang digunakan untuk analisis sistem antrian ini adalah data primer, yaitu berupa data waktu kedatangan pelanggan dan data waktu pelayanan (server), untuk pengukuran waktu dilakukan dengan menggunakan bantuan stopwatch. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat antrian sebanyak 14 orang dengan tingkat utilitas pekerja pada restoran ini sebesar 99.25%. Hal tersebut dapat menurunkan tingkat kepuasan pelanggan karena terlalu lama mengatri. Berdasarkan hasil dari 3 skenario, maka dipilihlah skenario 2 dengan pemanbahan 1 server / kasir karena dapat menurunkan antrian pelanggan menjadi 1 orang dengan tingkat kesibukan sebesar 70.83%
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.