PENDEKATAN METODE ANALISIS SWOT MATRIKS IFE & EFE DAN ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS PADA STRATEGI PEMASARAN UKM BU MUZANA

  • Alif Rachmad Hidayatullah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Deny Andesta Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Said Salim Dahda Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

UKM Bu Muzana merupakan industri kecil yang bergerak di bidang kuliner olahan ikan bandeng yang berada di desa Lumpur kecamatan Gresik. Pembuatan olahan ikan bandeng ini merupakan usaha turun-temurun, strategi yang diterapkan UKM Bu Muzana untuk pemasaran produknya sudah bagus, akan tetapi pada akhir tahun tahun 2018 tepatnya dibulan September sampai februari 2019,UKM Bu Muzana mengalami penurunan penjualan produknya, hal tersebut dapat disebabkan oleh munculnya beberapa pesaing di produsen yang sama, untuk itu perusahaan dituntut untuk merencanakan strategi-strategi pemasaran yang lebih baik lagi.


Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan strategi pemasaran sesuai dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan. Analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal dapat dijadikan acuan utama untuk melakukan perbaikan strategi pemasaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT . Didalam analisis SWOT terdapat beberapa matrik yaitu matrik lFE & EFE, digunakan untuk mencari bobot skor, Matrik l- E, digunakan untuk mencari divisi sel perusahaan, dan Matrik SWOT untuk memformulasikan alternatif strategi. Penentuan bobot prioritas menggunakan AHP dengan bantuan Expert Choice 11. Untuk menggetahui alternatif strategi yang dihasilkan dari matrik SWOT.


Dari Penelitian yang dihasilkan, diperoleh bobot skor matrik IFE sebesar 2,269 sedangkan pada matrik EFE diperoleh bobot skor sebesar 2,266. Dari bobot skor yang telah diperoleh, perusahaan bisa melaksanakan strategi mempertahankan dan memelihara. Dari formulasi matrik SWOT didapatkan empat alternatif strategi yang akan ditentukan bobot prioritas menggunakan AHP. dari hasil running Expert Choice ll, strategi SO mendapat bobot tertinggi dengan skor 0,400, perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada. strategi SO diantaranya menjaga hubungan baik dengan tenaga kerja, pemasok, buyers dan distributor yang memanfaatkan teknologi sebagai alat promosi guna memperluas pasar. Strategi SO diharapkan bisa meningkatkan penjualan olahan ikan bandeng di UKM Bu Muzana

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 6, 2021
How to Cite
HIDAYATULLAH, Alif Rachmad; ANDESTA, Deny; DAHDA, Said Salim. PENDEKATAN METODE ANALISIS SWOT MATRIKS IFE & EFE DAN ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS PADA STRATEGI PEMASARAN UKM BU MUZANA. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 1, n. 4, p. 553-565, july 2021. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/2832>. Date accessed: 19 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v1i4.2832.
Section
Articles