ANALISIS RISIKO LIMBAH CAIR PADA UNIT EFFLUENT TREATMENT BERDASARKAN SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE FMEA DAN RCA DI PT. PETROKIMIA GRESIK

  • rizky bagus kuncoro mahasiswa
  • Said Salim Dahda Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Elly Ismiyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Unit Effluent Treatment III A adalah pengolahan limbah cair menghasilkan produk Neutralized Water untuk dipakai kembali ke proses. Pengolahan limbah Unit Effluent Treatment III A terdapat out spec yang menyebabkan rake macet dikarekanan endapan pada TK 6615 dan terjadi peluberan, Cussion Pond juga terjadi peluberan dikarenakan terdapat rake macet pada TK-6615. Pada Prosesnya terdapat risiko peluberan terhadap lingkungan, sehingga perlu perbaikan dengan menerapkan ISO 14001. Metode FMEA sangat cocok diterapkan karena setelah dilakukan identifikasi risiko, dilakukan penilaian risiko sehingga didapatkan nilai Saverity, Occurance dan Detection menghasilkan RPN (Risk Priority Number). Hasil RPN terbesar dengan nilai 100 yaitu pada item TK6615 dengan risiko endapan limbah cair menumpuk dan hasil Neutralized Water meluber. Dengan Metode RCA menganalisis risiko dengan mencari akar penyebab risiko dari RPN terbesar terdapat 5 faktor yaitu miss communication team work, pemahaman operasional rendah, kerusakan pada filter, injeksi kapur jelek dan tidak ada treatment khusus. Pada implementasi Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 dilakukan evalusasi risiko berdasarkan ISO 14001 untuk perbaikan pada akar penyebab risiko.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 8, 2022
How to Cite
KUNCORO, rizky bagus; DAHDA, Said Salim; ISMIYAH, Elly. ANALISIS RISIKO LIMBAH CAIR PADA UNIT EFFLUENT TREATMENT BERDASARKAN SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN METODE FMEA DAN RCA DI PT. PETROKIMIA GRESIK. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 2, n. 3, p. 403-410, apr. 2022. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/3700>. Date accessed: 02 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v2i3.3700.
Section
Articles