ANALISIS SIMULASI SISTEM ANTRIAN PT. BANK XYZ DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ARENA

  • Hanif Rahma Saputra Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Deny Andesta Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan pelayanan yang berkualitas dan efisien, peneliti menganalisis antrian pada teller bank di PT. Bank XYZ. Mereka menggunakan perangkat lunak Arena untuk mempelajari keefektifan simulasi. Dengan melakukan penelitian ini, mereka berharap dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan mereka, serta memenuhi kebutuhan tersebut dengan waktu dan tenaga yang paling sedikit. Sebelum menerapkan sistem nyata, ada gunanya mempelajari sistemnya untuk menghindari kerugian. Hal ini dilakukan dengan beberapa langkah: mengumpulkan data, mengolahnya, memeriksa hasil dan memvalidasi hasil. Setelah ini selesai, peneliti menganalisis hasil mereka dan datang dengan kemungkinan kesimpulan. Dengan menjalankan data melalui perangkat lunak, ditemukan bahwa tidak ada antrian yang menunda proses layanan bank. Perangkat lunak menentukan bahwa menggunakan skenario perbaikan memiliki total waktu pelanggan rata-rata 0,08 menit. Ini ditentukan sebagai Skenario Peningkatan 3  karena menghasilkan waktu layanan tercepat untuk teller dibandingkan dengan skenario lainnya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 31, 2023
How to Cite
SAPUTRA, Hanif Rahma; ANDESTA, Deny. ANALISIS SIMULASI SISTEM ANTRIAN PT. BANK XYZ DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ARENA. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 104-114, oct. 2023. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/6717>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v4i1.6717.
Section
Articles