USULAN PERBAIKAN SISTEM PELAYANAN DI GERAI MAKAN MIE GACOAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ARENA

  • Achmad Firdaus Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Deny Andesta Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Mengantri atau menunggu merupakan salah satu kejadian sehari hari yang sering ditemukan. Mengantri disebabkan oleh kebutuhan pelayanan yang melebihi kapasitas pelayanan atau fasilitas pelayanan, sehingga entitas yang datang tidak bisa langsung memperoleh pelayanan. Salah satu Gerai Makan Mie Gacoan yang ada di Gresik mengalami antrian yang panjang dikarenakan banyaknya pembeli yang datang. Kedatangan antar pembeli lebih cepat daripada waktu pelayanan membuat antrian semakin panjang. Proses pelayanan dalam gerai tersebut dibagi menjadi 2 dibedakan dari jenis konsumen, yang makan ditempat atau ojol (ojek online). Setelah melakukan observasi dilapangan, diperoleh permasalahan yang terjadi yaitu banyaknya antrian yang terjadi pada awal jam buka hingga menjelang ramai. Berdasarkan hasil simulasi yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwasannya usulan 2 mempunyai hasil yang lebih bagus dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini dibuktikan dengan nilai output yang lebih besar daripada yang lainnya yaitu sebesar34,200. Dan juga persentase pelayanan yang selesai sebesar 33.86% dari jumlah pelanggan yang masuk.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 31, 2023
How to Cite
FIRDAUS, Achmad; ANDESTA, Deny. USULAN PERBAIKAN SISTEM PELAYANAN DI GERAI MAKAN MIE GACOAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ARENA. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 54-63, oct. 2023. ISSN 2746-0835. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/6711>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/justicb.v4i1.6711.
Section
Articles