USULAN PERBAIKAN SISTEM PELAYANAN DI GERAI MAKAN MIE GACOAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ARENA
Abstract
Mengantri atau menunggu merupakan salah satu kejadian sehari hari yang sering ditemukan. Mengantri disebabkan oleh kebutuhan pelayanan yang melebihi kapasitas pelayanan atau fasilitas pelayanan, sehingga entitas yang datang tidak bisa langsung memperoleh pelayanan. Salah satu Gerai Makan Mie Gacoan yang ada di Gresik mengalami antrian yang panjang dikarenakan banyaknya pembeli yang datang. Kedatangan antar pembeli lebih cepat daripada waktu pelayanan membuat antrian semakin panjang. Proses pelayanan dalam gerai tersebut dibagi menjadi 2 dibedakan dari jenis konsumen, yang makan ditempat atau ojol (ojek online). Setelah melakukan observasi dilapangan, diperoleh permasalahan yang terjadi yaitu banyaknya antrian yang terjadi pada awal jam buka hingga menjelang ramai. Berdasarkan hasil simulasi yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwasannya usulan 2 mempunyai hasil yang lebih bagus dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini dibuktikan dengan nilai output yang lebih besar daripada yang lainnya yaitu sebesar34,200. Dan juga persentase pelayanan yang selesai sebesar 33.86% dari jumlah pelanggan yang masuk.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.