USULAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK TAS RANSEL DI UKM UD.RISSLIN DENGAN METODE SWOT DAN QSPM
Abstract
Berkembangnya bisnis dalam era globalisasi mengalami peningkatan, meningkatnya persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi menyebabkan perusahaan harus mengembangkan strategi pemasaran untuk menarik minat konsumen dan mempertahankan kelangsungan dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini menggunakan metode pengolahan data berupa Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats(SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix(QSPM). SWOT digunakan untuk mengukur kondisi internal dan eksternal, berupa kekuatan dan kelemahan yang dibuat dalam matriks IFE dan peluang dan ancaman yang dibuat dalam matriks EFE. Tahap pertama pembobotan, rating dan perhitungan nilai tertimbang dari matriks IFE dan EFE, selanjutnya perumusan strategi pemasaran dengan matriks Internal Eksternal dan SWOT, dan tahap terakhir adalah tahap memilih alternatif strategi dengan metode QSPM yang merupakan metode untuk menentukan strategi alternatif secara objektif berdasarkan faktor kunci kesuksesan internal dan eksternal yang telah diidentifikasi sebelumnya. Tahap input yaitu membuat matriks IFE dan EFE. Tahap pencocokan menggunakan matriks SWOT dan tahap keputusan menggunakan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan alternatif strategi yang diperoleh yaitu mengganti bahan dengan bahan yang relatif lebih murah dengan kualitas yang hampir sama untuk bersaing dengan produk dari industri lain(S9)
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.