USULAN STRATEGI PEMASARAN DI UMKM MIANMO SKIN BEAUTY DENGAN METODE SWOT DAN QSPM
Abstract
Mianmo Skin Beauty merupakan UMKM yang bergerak di bidang penjualan produk skincare, UMKM tersebut tergolong usaha rintisan yang baru berdiri, belum setahun usaha tersebut berdiri, terkena dampak dari COVID-19 yang mewabah di seluruh dunia, setelah terdampak wabah pandemi, mengalami penurunan jumlah penjualan, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kembali jumlah penjualan meskipun di masa pandemi .Tujuan dari penelitian ini mencari strategi terbaik untuk meningkatkan kembali penjualan dari UMKM Mianmo Skin Beauty yang bergerak di penjualan skincare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SWOT dan QSPM, tahapan penelitian yakni mencari faktor internal dan eksternal yang dimiliki oleh UMKM. Tahap input menggunakan matriks IFE dan EFE. Tahap pencocokan menggunakan metode SWOT, dan penentuan strategi utama dengan total attractive score tertinggi dengan QSPM. 2 strategi dengan TAS tertinggi adalah Terus memperbaiki kualitas SDM untuk meningkatkan kualitas UMKM, supaya dikenal dengan kualitas produk dan pelayanannya yang baik dengan TAS 6,12. Meningkatkan perbaikan dalam pengiriman barang untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan TAS 5,89.
Kata kunci : SWOT, QSPM, Strategi, Total Atractive Score.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.