ANALISIS SIMULASI MODEL ANTRIAN PADA STUDI KASUS FILM “ SRI ASIH ” DI BIOSKOP Y MENGGUNAKAN SOFTWARE ARENA
Abstract
Antrian merupakan suatu kondisi dimana jumlah pelanggan yang dilayani lebih banyak daripada jumlah kasir atau mesin pelayanan, hal itu menyebabkan terjadinya antrian atau queue, yang menyebabkan kurang efisiennya pelayanan juga membuat pelanggan merasa kesal dan kecewa. Banyak perusaaan jasa atau pelayanan biasanya mengalami kendala disini, seperti halnya pada unit Bioskop Y yang ada di kota Gresik. Setiap weekend juga bertepatan saat film tertentu dengan ranting yang tinggi menyebabkan sering terjadinya antri yang sangat panjang baik diloket pelayanan langsung maupun yang scan barcode. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan simulasi antrian menggunakan software Arena. didapat kesimpulan pada antrian tiket langsung jika sebelum perbaikan nilai waiting time sebesar 26.6 menit dan utilitas sebesar 0.95 dan untuk scan barcode sebelum perbaikan nilai waiting time sebesar 21 menit dan utilitas sebesar 0.72 maka setelah perbaikan tiket langsung didapat nilai waiting time sebesar 0.72 dan nilai utilitas sebesar 0.47 dan untuk scan barcode didapat nilai waiting time sebesar 0.73 dan nilai utilitas sebesar 0.38 dimana teradi efektivitas pelayanan maupun tingkat utilitas pegawai yang normal
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.