Penggunaan Gadget dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan gadget dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Orang tua, dan peserta didik kelas B1 sebanyak 12 orang. Alat pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang ada dianalisis secara interaktif (reduksi, penyajian data dan penarik kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Gadget Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di RA Perwanida 1 Bandar Lampung melalui beberapa tahap atau langkah sebagai berikut: 1) Tahap Persiapan, Pada tahap ini sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPPH). 2) Tahap Pelaksanaan, Pada tahap ini yaitu sebelum video pembelajaran ditayangkan guru memberikan peraturan kepada anak, setelah anak memperhatikan guru melakukan penayangan video pembelajaran, Durasi video yang ditayangkan oleh guru 10-15 menit. 3) Tahap Evaluasi, Tahap terakhir dimana diakhir kegiatan guru melakukan evaluasi untuk mengulas kembali kegiatan yang telah dilakukan. Dengan demikian dari hasil penelitian terlihat perkembangan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di kelompok B1 RA Perwanida 1 Bandar Lampung pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) atau cukup baik. Dari 12 anak pada kemampuan berbicara dalam penggunaan gadget diantaranya 2 anak berkembang sangat baik, 7 anak berkembang sesuai harapan, dan 3 anak mulai berkembang.