Ethics Statement

Ethics Statement

Penerbitan Journal of Islamic Education for Early Childhood (JIEEC) merupakan dasar yang penting dalam mengembangkan pengetahuan yang berksesinambungan dan dihormarti. Hal ini ditunjukan dengan kualitas dari karya penulis serta lembaga yang mendukung. Artikel melewati proses peer-review menunjukan adanya dukungan dan untuk mewujudkan adanya metode ilmiah. Sehingga adanya standar perilaku etis dalam penerbitan dirasa diperlukan. Pedoman etika pada jurnal JIEEC mengadaptasi pada prinsip Committee on Publication Ethics (COPE). Prinsip tersebut mencakup pada kode etik anggota dewan redaksi, pemimpin redaksi, reviewer serta juga penulis. Berikut pernyataan yang mengenai etika publikasi:

Keputusan Publikasi

Pemimpin Redaksi Journal of Islamic Education for Early Childhood (JIEEC) memiliki tanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang akan terbit di jurnal. Keputusan diambil berdasarkan pada rekomendasi dari anggota dewan editorial jurnal dan juga reviewer yang telah melalui berbagai tahap. Jurnal yang dipublikasi memenuhi persyaratan hukum yang legal, tidak melanggar hak cipta, dan plagiarisme. Seluruh segenap tim editorial dan reviewer mengambil keputusan untuk mengambil keputusan publikasi.

Tanpa Diskriminasi

Editor dan reviewer mengevaluasi manuskrip jurnal yang akan di publikasi untuk memastikan bahwa tidak ada konten yang menyinggung jenis kelamin, ras, orientasi seksual, keyakinan agama, kewarganegaraan, asal etinis, dan filosofi politik penulis.

Kerahasiaan

Dewan editor dan reviewer tidak diizinkan mengungkapkan informasi mengenai naskah kepada siapapun selain penulis, reviewer, dan dewan editor lainnya sesuai dengan hak dan kewajiban mereka.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Manuskrip jurnal yang tidak terpublikasi tidak boleh digunakan dalam penelitian editor, reviewer tanpa persetujuan dari penulis.  

Tugas Penulis

  1. Penulis wajib menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan dan diskusi objektif mengenai signifikasinya.
  2. Bertanggung jawab untuk memastikan bahwa karya yang dikirim bukan hasil dari plagiarisme .
  3. Data dan refrensi yang mendasari isi artikel harus tercantum dalam manuskrip.
  4. Dilarang untuk memperbanyak karya telah diterbitkan sebelumnya di jurnal lain
  5. Hanya boleh untuk mempublikasi karya di tempat lain setelah mendapat penolakan resmi dari pihak JIEEC atau jika permintaan penulis untuk mencabut karyanya secara resmi dan diterima resmi oleh pihak JIEEC.
  6. Jika terdapat ketidakakuratan data dalam manuskrip harus menginformasikan pada pihak JIEEC sehingga yang diterbitkan dapat dikoreksi atau pencabutan artikel. Bertanggung jawab akan kekurangan dalam jurnal yang dikirimkan.

Tugas Reviewer

  1. Reviewer mengungkapkan kepentingan sebelum menyetujui untuk meninjau artikel.
  2. Dapat menolak artikel yang tidak sesuai dengan kepentingan atau isi yang tidak sesuai.
  3. Meninjau semua artikel secara obyektif, professional, serta adil.
  4. Menyampaikan hal yang tidak sesuai dalam artikel saat mereview kepada ke kepala editor untuk menindak lanjuti.
  5. Memastika keaslian dan waspada pada plagiarisme dan publikasi berlebihan dan hal yang tidak diinginkan.
  6. Tidak membahas konten artikel tanpa izin.
  7. Mematuhi waktu yang dialokasikan untuk mereview. Perpanjangan waktu untuk mereview diberikan berdasarkan persetujuan kepala editor.

 

Tugas Editor

  1. Mengevaluasi artikel dengan adil berdasarkan pada kemampuan intelektual yang dimiliki.
  2. Menjaga kerahasisaan manuskrip.
  3. Bertanggungjawab memutuskan artikel yang akan dipublikasikan di Journal of Islamic Education for Early Childhood (JIEEC).
  4. Memberikan instruksi yang jelas dan tepat pada contributor yang potensial mengeani proses pengajuan dan hal yang diharapkan dari penulis artikel.
  5. Memastikan reviewer yang dipilih sesuai.