Pengaruh Media Kartu Hijaiyah Dengan Metode Qiroati Terhadap Kemampuan Baca Al-Quran pada Anak Usia 4-5 Tahun di TPQ Sindujoyo Gresik

  • Nur Kholifatur Rosyidah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pendidikan merupakan perihal yang sangat penting untuk dimiliki dan didasari sejak anak dalam masa usia dini, masa anak usia dini merupakan masa dimana anak dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Salah satu perkembangan pada anak usia dini yaitu perkembangan membaca. Dengan membaca pula dapat memperoleh pendidikannya. Salah satu pendidikan yang harus di stimulasi sejak dini yaitu pendidikan Agama, terutama pembelajaran mengenai Al-Quran. dalam pembelajaran Al-Quran perlu adanya kemampuan dalam membaca dengan benar sesuai kaidahnya dan dalam proses pembelajaran juga harus sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran baca Al-Quran dengan menggunakan media kartu hijaiyah dengan metode Qiroati yang dilakukan pada anak dengan usia 4-5 tahun di TPQ Sindujoyo Gresik. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian Tindakan Kelas dengan Model Kemmis dan MC Taggart dan dilakukan secara Kolaboratif dengan guru kelas. Proses penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan baca Al-Quran anak sebesar 61% yang sebelumnya pada pra siklus hanya memiliki prosentase sebesar 45%. Yang kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,6%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 31, 2022
How to Cite
ROSYIDAH, Nur Kholifatur. Pengaruh Media Kartu Hijaiyah Dengan Metode Qiroati Terhadap Kemampuan Baca Al-Quran pada Anak Usia 4-5 Tahun di TPQ Sindujoyo Gresik. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 63-75, jan. 2022. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/3713>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v4i1.3713.