PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) AKU BISA MEMBACA (ABC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH 24 GRESIK

  • Afifah Ulya Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Aguestin Lilawati universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Anak usia dini merupakan masa emas (golden age) dan berpengaruh besar untuk keberhasilan pendidikan selanjutnya. Melalui lembaga pendidikan, anak-anak dapat belajar untuk mengembangkan kemampuan dan bakat serta potensi yang anak miliki agar menjadi lebih optimal. Kegiatan pembelajaran bagi anak usia dini ini harus dilaksanakan dengan bermain. Bermain yang menyenangkan akan menciptakan pembelajaran yang menarik baginya. Salah satu perkembangan dalam pendidikan anak usia dini yang berperan sangat penting ialah aspek bahasa terhadap kemampuan membaca anak. Kemampuan membaca dapat membantu anak memperoleh informasi yang ada di lingkungan sekitar dan anak dapat lebih mudah memahami dengan cara menggunakan media. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas kelompok B di TK Aisyiyah 24 Gresik permasalahan yang terjadi beberapa anak kurang fokus dan membutuhkan media yang menarik minat baca anak. Pada penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat permainan edukatif (APE) Aku Bisa Membaca (ABC) terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di TK Aisyiyah Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Pretest dan Posttest terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan keseluruhan jumlah sampel 33 anak. Hasil validasi instrumen dan media memperoleh hasil yang baik dan layak digunakan. Kemudian data penelitian ini diperoleh melalui observasi. Berdasarkan uji wilcoxon dengan hasil output statistik diperoleh Thitung > Ttabel dengan nilai 3.653 > 2.157 dan Ha diterima artinya terdapat penggunaan alat permainan edukatif (APE) Aku Bisa Membaca (ABC) terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di TK Aisyiyah Gresik..

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 13, 2023
How to Cite
ULYA, Afifah; LILAWATI, Aguestin. PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) AKU BISA MEMBACA (ABC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH 24 GRESIK. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 55-71, july 2023. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/4300>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v5i2.4300.