PENGARUH MEDIA BONEKA WAYANG BERBASIS BUDAYA GRESIK PADA KEGIATAN BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK B DI TK PLUS GAPURO GRESIK

  • nur makhmudiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ayunda Sayyidatul Ifadah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

ABSTRAK


Nur Makhmudiyah. 2022. Pengaruh Media Boneka Wayang Berbasis Budaya Gresik Pada Kegiatan Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B Di TK Plus Gapuro Gresik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Gresik, Pembimbing 1: Ayunda Sayyidatul Ifadah, M. Pd., Pembimbing 2 : Fitri Ayu Fatmawati, M. Pd.


 


Anak usia dini merupakan masa golden age. Kegiatan pembelajaran bagi anak usia dini ini harus dilaksanakan dengan bermain. Bermain yang menyenangkan yang akan menciptakan pembelajaran yang menarik baginya. Pendidikan anak usia dini yang akan difokuskan oleh physical, intelligence, emotional, social education. Salah satu perkembangan dalam pendidikan anak usia dini yang berperan sangat penting ialah aspek bahasa terhadap kemampuan menyimak anak. Kemampuan menyimak anak menghasilkan pemahaman terhadap apa yang ia dengar dan ia perhatikan hal ini tentunya lebih menarik lagi dengan menggunakan media. Pada penelitian kali ini ialah bertujuan untuk mengetahui pengaruh media boneka wayang yang berbasis budaya Gresik terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B di TK Plus Gapurro Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Pretest dan Posttest terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan keseluruhan jumlah sampel 39 anak. Kemudian data penelitian ini diperoleh melalui observasi. Pada hasil penelitian ini diperoleh pretest pada kelas eksperimen dengan jumlah rata-rata 46 kemudian meningkat setelah diperoleh perlakuan (treatment) pada posttest dengan jumlah rata-rata 72. Berdasarkan uji wilcoxon dengan hasil output statistic diperoleh Thitung > Ttabel dengan nilai 4.435 > 2.056 dan  Ha diterima artinya terdapat pengaruh media boneka wayang berbasis budaya Gresik pada kegiatan bercerita terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B di TK Plus Gapuro Gresik.


Kata Kunci : Media Boneka Wayang, Kemampuan Menyimak

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 13, 2023
How to Cite
MAKHMUDIYAH, nur; IFADAH, Ayunda Sayyidatul. PENGARUH MEDIA BONEKA WAYANG BERBASIS BUDAYA GRESIK PADA KEGIATAN BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK KELOMPOK B DI TK PLUS GAPURO GRESIK. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 32-42, july 2023. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/4296>. Date accessed: 22 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v5i2.4296.