PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TONGKAT DALAM KEGIATAN BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media boneka tongkat yang layak dan efektif
dalam kegiatan bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan perkembangan
emosional berdasarkan masalah pada anak Taman Kanak - kanak Negeri Pembina
Kabupaten Gresik. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and
Carey yang terdiri dari 9 tahapan yakni (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum
(2) menganalisis pembelajaran (3) mengidentifikasi karakteristik dan perilaku anak (4)
merumuskan tujuan pembelajaran khusus (5) pengembangan instrumen penilaian (6)
pengembangan strategi pembelajaran (7) mengembangkan strategi pembelajaran (8)
merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) melakukan revisi pembelajaran.
Pengukuran kelayakan media boneka tongkat ini berdasarkan uji ahli, uji coba
perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Pengukuran keefektifan produk menggunakan
model Quasi Eksperimen dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Hasil yang
diperoleh adalah kelayakan media boneka tongkat setelah melalui uji ahli, uji perorangan,
dan uji kelompok kecil dinyatakan layak digunakan setelah melalui tahap revisi.
Sedangkan efektifitas media boneka tongkat ini diperoleh 91,6% kemampuan menyimak
anak meningkat dan 92,8% perkembangan emosional anak meningkat. Berdasarkan hasil
analisis data, dapat disimpulkan bahwa media boneka tongkat dalam kegiatan bercerita
layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan perkembangan
emosional anak.