Optimalisasi Perkembangan Motorik Halus Anak Menggunakan Media Menganyam dengan Kertas

Optimalisasi Perkembangan Motorik Halus Anak Menggunakan Media Menganyam dengan Kertas

Authors

  • Dwi Via Cahya Bulan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lizza Suzanti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30587/jieec.v4i2.4060

Keywords:

anak usia dini, motorik halus, menganyam

Abstract

Anak adalah tunas dan pelopor lahirnya generasi penerus cita-cita perjuangan sebuah bangsa. Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tempat atau wadah bagi anak usia dini untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Salah satu aspek yang perlu dikembangkan adalah motorik halus. Motorik halus merupakan kemampuan koordinasi antara mata dengan tangan. Maka dari itu, salah satu kegiatan yang dapat mengoptimalkan untuk anak adalah kegiatan menganyam. Media yang digunakan adalah menganyam dengan kertas berwarna. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek penelitian adalah anak berusia empat hingga lima tahun sebanyak 4 (empat) orang di wilayah Bambu Kuning, Cengkareng Barat, Jakarta Barat. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Penggunaan media menganyam dengan kertas dapat mengoptimalisasi perkembangan motorik halus anak dan diperlukan peran pendidik untuk terus memberikan stimulus pada anak.

Downloads

Published

2022-07-17

How to Cite

Cahya Bulan, D. V., & Suzanti, L. (2022). Optimalisasi Perkembangan Motorik Halus Anak Menggunakan Media Menganyam dengan Kertas: Optimalisasi Perkembangan Motorik Halus Anak Menggunakan Media Menganyam dengan Kertas. Journal of Islamic Education for Early Childhood, 4(2), 26–37. https://doi.org/10.30587/jieec.v4i2.4060

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.