Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Praktik Bercerita dari Buku pada Anak Usia Dini Di TK Dharma Wanita Sriwedari
Keywords:
Pengelolaan kelas, Bercerita, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi pengelolaan kelas dalam kegiatan bercerita menggunakan buku bergambar di TK Dharma Wanita Sriwedari serta respons anak selama proses tersebut. Metode kualitatif deskriptif dengan observasi langsung digunakan untuk melihat bagaimana guru mengatur posisi duduk, menggunakan variasi intonasi, mengajukan pertanyaan, dan mengatur durasi bercerita agar suasana belajar tetap kondusif dan menarik. Hasil menunjukkan anak-anak antusias dan aktif terlibat, meski terdapat tantangan seperti gangguan dan keinginan anak melihat gambar dekat. Tantangan ini diatasi dengan pengaturan gambar bergiliran dan aturan sederhana. Aktivitas lanjutan seperti menggambar tokoh cerita turut menjaga ketertiban kelas. Kesimpulannya, pengelolaan kelas yang baik mendukung efektivitas bercerita dan perkembangan bahasa serta sosial-emosional anak usia dini.
Kata kunci: Pengelolaan kelas, Bercerita, Anak usia dini