Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Praktik Bercerita dari Buku pada Anak Usia Dini Di TK Dharma Wanita Sriwedari

Authors

  • Denny Shinta Rahmawati STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi, Jawa Tengah, Indonesia
  • kuni fatonah STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi
  • Elyaum Farihah STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi, Jawa Tengah, Indonesia

Keywords:

Pengelolaan kelas, Bercerita, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi pengelolaan kelas dalam kegiatan bercerita menggunakan buku bergambar di TK Dharma Wanita Sriwedari serta respons anak selama proses tersebut. Metode kualitatif deskriptif dengan observasi langsung digunakan untuk melihat bagaimana guru mengatur posisi duduk, menggunakan variasi intonasi, mengajukan pertanyaan, dan mengatur durasi bercerita agar suasana belajar tetap kondusif dan menarik. Hasil menunjukkan anak-anak antusias dan aktif terlibat, meski terdapat tantangan seperti gangguan dan keinginan anak melihat gambar dekat. Tantangan ini diatasi dengan pengaturan gambar bergiliran dan aturan sederhana. Aktivitas lanjutan seperti menggambar tokoh cerita turut menjaga ketertiban kelas. Kesimpulannya, pengelolaan kelas yang baik mendukung efektivitas bercerita dan perkembangan bahasa serta sosial-emosional anak usia dini.

Kata kunci: Pengelolaan kelas, Bercerita, Anak usia dini

 

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Denny Shinta Rahmawati, kuni fatonah, & Elyaum Farihah. (2025). Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Praktik Bercerita dari Buku pada Anak Usia Dini Di TK Dharma Wanita Sriwedari. Journal of Islamic Education for Early Childhood, 7(2), 24–32. Retrieved from https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/10020

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.