Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di TK Bina Bhakti Lampung Pada Pasca Pandemi Covid

Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di TK Bina Bhakti Lampung Pada Pasca Pandemi Covid

  • Karin Ariska Uin Raden Intan Lampung

Abstract

Penelitian ini bermula dengan adanya pandemi COVID-19 ini, telah terjadi banyak perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat. Salah satu protokol dari pencegahan penularan COVID-19 menuntut masyarakat untuk menerapkan pola physical distancing. Dalam hal ini, pola pertemuan secara langsung sangat dibatasi, mengakibatkan adanya perubahan dalam metode pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan  untuk menjawab pertanyaan mengenai; 1) Konsep pembelajaran jarak jauh di TK Bina Bakti Lampung, 2) Implementasi metode pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19, dan 3) Efektivitas metode pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif yang berfokus untuk mengetahui efektivitas program pembelajaran jarak jauh di TK Bina Bhakti Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa; 1) program pembelajaran jarak jauh di TK Bina Bhakti sudah dilaksanakan semudah dan sesederhana mungkin agar dapat diikuti oleh siswa, 2) TK Bina Bhakti membuat metode pembelajaran dengan konsep yang dapat dipahami oleh semua pihak, 3) saat melakukan pembelajaran jarak jauh, pengajar dan orang tua murid merasa metode tersebut sudah efektif namun kurang maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 9, 2024
How to Cite
ARISKA, Karin. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di TK Bina Bhakti Lampung Pada Pasca Pandemi Covid. Journal of Islamic Education for Early Childhood, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 20-30, july 2024. ISSN 2987-5501. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/7650>. Date accessed: 01 sep. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/jieec.v6i2.7650.