The Influence of Entrepreneurship, Creativity and Business Location on Business Success

Authors

  • Alkusani alkusani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rida Ilmafa'ati Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/innovation.v2i1.2397

Keywords:

Jiwa kewirausahaan, kreativitas, lokasi usaha dan keberhasilan usaha

Abstract

Micro, small and medium enterprises (UMKM) is one important part of the economy of a country or region. This important role has encouraged many countries including Indonesia to continue to develop UMKM. Although small in scale the number of workers, assets and turnover, but because of the large enough amount, the role of UMKM is quite important in supporting the economy. The success of UMKM is a factor supporting the improvement of various businesses, both micro, small and medium enterprises, especially in Gresik City. This study aims to determine the effect of entrepreneurial spirit, creativity and business location on the business success. of UKM. The method used in this research is quantitative method, the population of this research is 51 UKM. The analysis techn ique used is multiple linear regression analysis followed by t test with significance level 0,05. The results showed that the entrepreneurial spirit , creativity and business locat ions individually and simultaneous significantly affect the business success.

References

Alma, Buchori (2009), Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: alfabeta
Benedicta Prihatin Dwi, Riyanti. (2003). Kewirausahaan Dari Sudut Pandang
Darmawan, Deni, (2014), Metode Penelitian Kuantitatif, Cetakan Kedua, Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Diskoperindag Kabupaten Gresik (2016) Data jumlah sentra UKM Daerah Kabupaten Gresik
Diskoperindag Propinsi Jawa Timur (2016) Data pertumbuhan UKM Provinsi Jawa Timur
Endang Purwanti, Pengaruh Karakteristik Wirausaha,Modal Usaha, dan Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga, (Jurnal Among Makarti, STIE AM Salatiga, 2012), hlm 21. Sumber : http://jurnal.stieama.ac.id.
Ghozali, (2011), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Edisi 5, Universitas Diponegoro, Semarang
http://blp-property.com/ diakses pada hari jumat tanggal 4 agustus 2017
https://gresikkab.bps.go.id/ diakses pada hari jumat tanggal 4 agustus 2017
Data UKM Kuliner di Perumahan PPS. Kantor Kelurahan Desa Suci,
Lestari, (2013), Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Sentra Industri Rajutan Binong Jati Bandung”, Skripsi Manajemen, Universitas Komputer Indonesia Bandung.
Octavia, (2014), Pengaruh Sikap Kewirausahaan dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Produsen Sepatu Cibaduyut Kota Bandung”, Skripsi Manajemen, Universitas Komputer Indonesia Bandung.
Pamungkas, Hari Magnadi, (2014) Faktor-faktor Penentu Keberhasilan Usaha Pada Pemegang Usaha Waralaba (Studi Kasus Pada Usaha Waralaba Makanan dan Minuman Lokal Di Kota Semarang Jurnal Ekonomi, Vol. 3, No 1, Tahun: 2014, Universitas Diponegoro.
Rezki, Rahmad, (2014), Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ruko Pada Cv. Sinar Jaya Global Steel Padang”, Jurnal Ekonomi, Universitas Tamansiswa Padang
Santoso, Widowati, (2011), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kopima USM)”, Jurnal Ekonomi, Vol. 13, No 2, Tahun: 2011, Universitas Semarang.
Suarmawan, (2015), Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Mikro dan Kecil (Studi pada Usaha Kerajinan Ingka di Desa Bulian, Kev. Kubutambahan)”, Jurnal Ekonomi, Vol. 5, No.1, Tahun: 2015, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-25, Penerbit Alfabeta, Bandung
Suhardjono, (2003). Manajemen Perkreditan Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta: UPP AMP YKPN Ikut Mencerdaskan Bangsa.
Suryana, 2017, “Kewirausahaan : Kiat dan Proses Menuju Sukses” Edisi 4, Cetakan ke-4, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Tambunan, Tulus, T.H. (2006) Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia Beberapa Isu Penting. Jakarta :PT Salemba Empat.
IRJ: Innovation Research Journal - Volume 2 Nomor 1, April 2021; 51-64
64
Tjiptono, Fandy, (2008), Strategi Pemsaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.
Utami, Christina Whidya, (2014), Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia, Edisi 2, Jilid 1, Penerbit Salemba, Jakarta.
Vivi Diah Kusumaningrum (2015) Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Pengembangan UMKM Di Desa Bendungrejo kecamatan berbek kabupaten nganjuk.Skripsi UNP Kediri.
Wicaksono, Yudhi, (2010), Panduan Praktis Buka Usaha dengan Modal Laptop, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Downloads

Published

2021-03-08

How to Cite

alkusani, A., & Ilmafa’ati, R. (2021). The Influence of Entrepreneurship, Creativity and Business Location on Business Success. INNOVATION RESEARCH JOURNAL, 2(1), 51–64. https://doi.org/10.30587/innovation.v2i1.2397

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.