The Influence of Facilities, Prices, Trust and Quality of Health Services on Patient Satisfaction
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Persepsi Atas Fasilitas, Harga, Kepercayaan, dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit X. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pasien rawat inap Rumah Sakit X dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Accidental Sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, apabila orang yang ditemui tersebut dipandang cocok sebagai sumber data. Berdasarkan analisis data satatistik, indikator-indikator dalam penelitian ini bersifat valid dan reliable. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas dan normalitas terpenuhi. Variabel yang paling berpengaruh adalah variabel kualitas pelayanan dengan koefisien regresi paling besar. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa keempat variabel independen yaitu fasilitas, harga, kepercayaan, dan kualitas pelayanan, yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen yaitu kepuasa pasien. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel fasilitas, harga, kepercayaan, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pasien.
Kata Kunci: Fasilitas, Harga, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan.
ABSTRACT
This study aims to determine how much influence perceptions of facilities, price, trust and quality of health services have on patient satisfaction in the inpatient unit of Hospital probability sampling with an accidental sampling approach, namely a technique for determining samples based on chance, if the person they meet is deemed suitable as a data source. Based on data analysis statistics, the indicators in this research are valid and reliable. In testing classical assumptions, the regression model is free multicollinearity, heteroscedasticity does not occur and normality is fulfilled. The most influential variable is the service quality variable with the largest regression coefficient. Hypothesis testing uses the t test which shows that the four independent variables, namely facilities, price, trust and service quality, which were studied are proven to significantly influence the dependent variable, namely satisfaction patient. Then, through the F test, it can be seen that the variables of facility, price, trust and service quality together influence patient satisfaction.
Key words: facilities, prices, trust, service quality.