Hubungan Stimulasi Alat Permainan Edukatif Dengan Perkembangan Anak Pra Sekolah

Authors

  • Laily Prima Monica Program Studi Pendidikan Bidan STIKes Patria Husada Blitar
  • Maria Ulfa Program Studi Pendidikan Bidan STIKes Patria Husada Blitar
  • Ika Agustina Program Studi Pendidikan Bidan STIKes Patria Husada Blitar

DOI:

https://doi.org/10.30587/ijpn.v4i1.5796

Keywords:

Stimulasi, Alat Permainan Edukatif, Pra sekolah

Abstract

Stimulasi anak pada usia dini sangat penting untuk memaksimalkan proses tumbuh kembang anak yang diantaranya ada 4 indikator penting yaitu motorik halus, motorik kasar, bahasa dan personal social. Salah satu media yang paling efektif untuk melakukan stimulasi pada anak adalah dengan menggunakan alat permainan edukasi. Alat permainan edukasi sangat variatif dan fungsinya sangat ditentukan dari pendamping anak saat melakukan stimulasi. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stimulasi alat permainan edukatif dengan perkembangan anak pra sekolah. Populasi penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki anak prasekolah di Taman Pendidikan Anak Usia Dini Hidayatulloh Kota Blitar. Subjek penelitian diambil secara total sampling sejumlah 27 responden. Rancangan penelitian korelasional ini menggunakan pendekatan cross sectional. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar Kuesioner Pra- Skrining Perkembangan (KPSP). Analisis data menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian menemukan ada hubungan antara stimulasi alat permainan edukatif dengan perkembangan anak prasekolah (p value 0,728) dengan tingkat signifikasi (α 0,05). Saran untuk para orang tua agar rutin melakukan stimulasi tumbuh kembang dengan  alat permainan edukasi yang sesuai dengan usia anak agar perkembangan anak dapat maksimal.

References

Alfin, J., & Pangastuti, R. (2020). Perkembangan Bahasa pada Anak Speechdelay. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 76–86. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.572
Alfiyah, N., & Nafiah, U. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Dengan Perkembangan Anak Usia 0-24 Bulan Di Desa Triguno Kecamatan Puakwangi Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu Kebidanan Dan Kesehatan, 7(2), 100–110.
Fitri, R. (2016). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia 0 -12 bulan sebanyak 30 orang. Analisa bivariat menggunakan uji. Health Science Growth ( HSG ) Journal, vol 1 no 1, 1–16.
Gerungan, N. (2019). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Pra Sekolah. Klabat Journal of Nursing, 1(1), 15. https://doi.org/10.37771/kjn.v1i1.370
Heni, H., & Mujahid, A. J. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(1), 330–342. https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.341
Imelda, 2017. (2017). Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Stimulasi Dan Perkembangan Anak Pra Sekolah (3-5 Tahun) Di Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 8(3).
KHAIRANI, N., . S., & BERLINDA, V. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Bina Ana Prasa Dan Paud Islam Baiturrahim Kabupaten Rejang Lebong. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 39–47. https://doi.org/10.37676/jnph.v7i2.896
Kosegeran, H., Ismanto, A., & Babakal, A. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dini Dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Ranoketang Atas. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 1(1), 112269.
Maghfuroh, L., & Chayaning Putri, K. (2018). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk Sartika I Sumurgenuk Kecamatan Babat Lamongan. Journal of Health Sciences, 10(1). https://doi.org/10.33086/jhs.v10i1.144
Qadafi, M. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk Pendidi (N. Agustiningsih (ed.); 1st ed.). Sanabil Publishing.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Monica, L. P., Ulfa, M., & Agustina, I. (2023). Hubungan Stimulasi Alat Permainan Edukatif Dengan Perkembangan Anak Pra Sekolah. Indonesian Journal of Professional Nursing, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.30587/ijpn.v4i1.5796

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.