HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN PENGISIAN KMS OLEH KADER POSYANDU DENGAN KETEPATAN MENENTUKAN STATUS GIZI BALITA DI DESA SINGOSARI

  • Dewi Khumairok Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Eka Srirahayu Ariestiningsih Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dwi Faqihatus Syarifah Has Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Menurut hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021, prevalensi balita wasted (gizi buruk dan gizi kurang) adalah 7,1%, dan masih belum memenuhi target nasional dalam angka penurunan stunting. Tujuan dari riset ini yakni guna mengetahui hubungan pengetahuan dan kemampuan pengisian KMS oleh kader posyandu dengan ketepatan menentukan status gizi balita. Metode riset ini memakai jenis penelitian dengan metode survei analitik. Populasi sebanyak 60 kader posyandu. Analisis data memakai uji chi- square. Hasil riset dengan nilai p = 0,000<0,05. Kesimpulan riset ini yakni terdapat hubungan antara pengetahuan serta kemampuan pengisian KMS dengan ketepatan menentukan status gizi balita oleh kader posyandu.


Kata Kunci : Pengetahuan, Kemampuan Pengisian, KMS, dan Kader

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 31, 2023
How to Cite
KHUMAIROK, Dewi; ARIESTININGSIH, Eka Srirahayu; HAS, Dwi Faqihatus Syarifah. HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KEMAMPUAN PENGISIAN KMS OLEH KADER POSYANDU DENGAN KETEPATAN MENENTUKAN STATUS GIZI BALITA DI DESA SINGOSARI. Ghidza Media Jurnal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 108-120, oct. 2023. ISSN 2716-5108. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/ghidzamediajurnal/article/view/6615>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/ghidzamediajurnal.v5i1.6615.