Statistika Inferensial meliputi Uji Beda dalam Pendidikan Jasmani: Sebuah Tinjauan

Authors

  • Pinton Setya Mustafa Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4166

Keywords:

Statistik inferensial, Uji beda, Uji t, Pendidikan Jasmani

Abstract

Dalam pendidikan jasmani dan olahraga tidak lepas dari variabel yang saling berkaitan dari satu dengan lainnya. Untuk menguji keterlibatan variabel dalam melakukan gerakan olahraga diperlukan perhitungan dalam bentuk statistik. Tujuan dari artikel ini adalah membahas tentang uji beda yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dalam bidang pendidikan jasmani dan olahraga. Metode studi pustaka dengan sumber sekunder menjadi pendekatan kualitatif yang diterapkan dalam penelitian ini. Stastistik yang digunakan dalam penelitian kuantitatif biasanya menggunakan jenis statistik inferensial. Statistik inferensial dibedakan menjadi dua yakni statistik parametrik dan nonparametrik. Uji t atau disebut dengan uji beda termasuk salah satu statistika parametrik (inferensial) yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata skor antara dua kelompok (sampel). Terdapat prosedur yang diperlukan dalam menganalisis data dengan menggunakan uji beda antara lain: (1) membuat hipotesis, (2) membuat tabel penolong, (3) menghitung t hitung, (4) menguji dengan t tabel, dan (5) menarik kesimpulan. Uji beda cenderung digunakan dalam penelitian eksperimental.

References

Budiwanto, S. (1993). Analisis Data Menggunakan Tehnik Statistik (S. Budihadi, Ed.). Malang: Proyek OPF IKIP Malang.
Budiwanto, S. (2004). Teknik Analisis Statistika. Malang: FIK UM.
Budiwanto, S. (2017). Metode Statistika untuk Mengolah Data Keolahragaan. Malang: FIK UM.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). California: SAGE Publications, Inc.
Djarwanto. (2001). Mengenal Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Djudin, T. (2013). Statistika Parametrik - Dasar Pemikiran dan Penerapannya dalam Penelitian. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Kurniasih, N. D. (2013). Pengaruh Latihan Beban Terhadap Hasil Servis Atas Pada Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli Putra SMP Negeri 1 Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Yogyakarta: FIK UNY.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook (3rd ed.). Los Angeles: SAGE Publications.
Mustafa, P. S. (2017). Analisis Uji R Berganda dan Uji Lanjut dalam Statistik Inferensial pada Penelitian Pendidikan Jasmani. Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 1–23.
Mustafa, P. S. (2021). Implementation of Behaviorism Theory-based Training Learning Model in Physical Education in Class VII Junior High School Football Game Materials. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 13(1), 39–60. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cjpko.v13i1.18131
Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Asim. (2016). Pengembangan Variasi Latihan Service Atas untuk Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli di SMK Negeri 4 Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(1), 159–175. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/pj.v26i1.7740
Nurgiyantoro, B., Gunawan, & Marzuki. (2017). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu Sosial (Teori & Praktik dengan IBM SPSS Statistic 21). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pratama, O. (2014). Perbedaan Kapasitas VO2max pada Pemain Sepakbola Perokok dan Tidak Perokok di PS FKIP Universitas Bengkulu. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
Rangkuti, A. A. (2017). Statistik Inferensial untuk Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranada Media.
Riduwan, & Sunarto. (2013). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Siregar, S. (2015). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sudaryono. (2012). Statistika Probabilitas: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Winarno, M. E. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Mustafa, P. S. (2022). Statistika Inferensial meliputi Uji Beda dalam Pendidikan Jasmani: Sebuah Tinjauan. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 71–86. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4166

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.