PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PODCAST

Authors

  • Erwan Sudiwijaya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Budi Dwi Arifianto Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4825

Keywords:

Podcast, SMK, Muhammadiyah, Gamping

Abstract

Pembelajaran online yang dilakukan selama pandemi di SMK Muhammadiyah Gamping masih terbatas pada pemberian materi pembelaran dan modul dengan format dokumen pdf yang menuntu siswa untuk membaca secara mandiri dan mengerjakan tugas lalu dikirimkan melalui whatsapp grup. Bentuk materi pembelajaran yang monoton dan menuntut kemandirian siswa ini menimbulkan masalah turunnya motivasi belajar. Untuk itu kami menginisiasi pembuatan media pembelajaran dalam bentuk podcast berbasis audio yang menyampaikan materi dengan ikatan emosional. Metode pelaksanaan Observasi, Pre test & Post test, Workshop dan Instalasi studio podcast. Temuan terdapat sedikit peningkatan kesadaran guru terhadap media, manfaat konten audio sebagai media pembelajaran dan kemampuan memanfaatkan gadget untuk membuat media pembelajaran, karena guru-guru muda di SMK Muhammadiyah Gamping sudah biasa membuat materi pembelajaran multimedia. Peningkatan yang signifikan adalah pada kemampuan membuat naskah podcast.– Naskah podcast dapat digunakan untuk mendesain konten podcast sehingga penyampaian materi lebih runtut

References

[1] Kemdikbud, “Dua Fokus Utama kemendikbudristek di Masa Pandemi.,” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi., 2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/08/dua-fokus-utama-kemendikbudristek-di- masa-pandemi
[2] A. N. Al Ansori, “Semangat Belajar Anak Menurun Selama Pandemi COVID-19, Ini Penyebabnya,” Liputan6.com, 2020. https://www.liputan6.com/health/read/4431723/semangat- belajar-anak-menurun-selama-pandemi-covid-19-ini-penyebabnya
[3] D. A. Rossa, V., & Efendi, “Akibat Pandemi, 40 Persen Pelajar Indonesia Kehilangan Motivasi Belaja,” 2020, [Online]. Available: Suara.Com
[4] G. SMK, “SMK Muhammadiyah Gamping Slema,” AlamatSekolah.Com., 2021. https://alamatsekolah.com/smk-muhammadiyah-gamping-sleman/
[5] D. R. Mayangsari, D., & Tiara, “Podcast sebagai media Pembelajaran Di era milenial.,” J. Golden Age, 2021, doi: https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720.
[6] M. Valaei, N., Rezaei, S., & Emami, “Explorative learning strategy and its impact on creativity and innovation,” Bus. Process Manag. J., vol. 23, no. 5, pp. 957–983, 2017, doi: https://doi.org/10.1108/bpmj-12-2015-0179.
[7] A. Fauskanger, J., Helgevold, N., Kazima, M., & Jakobsen, “Challenging malawian primary teachers’ views on mathematics teaching and learning through Lesson Study.,” Int. J. Lesson Learn. Stud., vol. 11, no. 1, pp. 26–39, 2022, doi: https://doi.org/10.1108/ijlls-10-2021-0087.
[8] R. L. Hesen, R., Wals, A. E. J., & Tauritz, “Creating a sense of community and space for subjectification in an online course on sustainability education during times of physical distancing.,” Int. J. Sustain. High. Educ., vol. 23, no. 8, pp. 85–104, 2022, doi: https://doi.org/10.1108/ijshe-07-2021-0270.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Sudiwijaya, E., & Arifianto, B. D. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PODCAST. DedikasiMU : Journal of Community Service, 4(4), 442–447. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i4.4825

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.