PELATIHAN 3D MODELLING DENGAN APLIKASI SKETCH UP PADA SISWA SMK PGRI 1 GRESIK

  • Rahmat Dwi Sutrisno Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Avisha Gita Prafitasiwi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Kholidia Ayunaning Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Maulana Iqbal Ramadhani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ratna Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Proses penggambaran struktur bangunan menjadi salah satu dasar dari pelaksanaan proses konstruksi dimana pada penggambaran struktur bangunan akan menjadi patokan dalam konstruksi sebuah bangunan. Sebelumnya penggambaran struktur bangunan dilakukan menggunakan progam bantu gambar yaitu AutoCad dengan hasil gambar berbentuk 2 dimensi. Namun dengan sering berjalannya waktu, pengguna jasa konstruksi mulai menambahkan permintaan dengan gambar 3 dimensi agar lebih mudah dalam melihat hasil dari realisasi dari struktur suatu bangunan. Skecthup merupakan salah satu program bantu penggambaran 3 dimensi yang bisa membantu untuk merealisasikan gambar 2 dimensi menjadi 3 dimensi sehingga dengan adanya pelatihan ini diharapkan siswa/siswi SMK dapat memenuhi permintaan dari pengguna jasa konstruksi.


Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kewajiban dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan wujud partisipasi kampus khususnya jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Gresik dalam meningkatkan kemampuan sumberdaya lokal generasi penerus bangsa. Hasil dari pelatihan ini adalah kenaikan target capaian pemahaman siswa/i dari rata-rata kelas 7 menjadi 8,86.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 5, 2024
How to Cite
SUTRISNO, Rahmat Dwi et al. PELATIHAN 3D MODELLING DENGAN APLIKASI SKETCH UP PADA SISWA SMK PGRI 1 GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 32-44, mar. 2024. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/7468>. Date accessed: 13 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i1.7468.
Section
Articles