PELATIHAN 3D MODELLING DENGAN APLIKASI SKETCH UP PADA SISWA SMK PGRI 1 GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i1.7468Keywords:
sketchup, 3D modelling, gambar teknik, pelatihanAbstract
Proses penggambaran struktur bangunan menjadi salah satu dasar dari pelaksanaan proses konstruksi dimana pada penggambaran struktur bangunan akan menjadi patokan dalam konstruksi sebuah bangunan. Sebelumnya penggambaran struktur bangunan dilakukan menggunakan progam bantu gambar yaitu AutoCad dengan hasil gambar berbentuk 2 dimensi. Namun dengan sering berjalannya waktu, pengguna jasa konstruksi mulai menambahkan permintaan dengan gambar 3 dimensi agar lebih mudah dalam melihat hasil dari realisasi dari struktur suatu bangunan. Skecthup merupakan salah satu program bantu penggambaran 3 dimensi yang bisa membantu untuk merealisasikan gambar 2 dimensi menjadi 3 dimensi sehingga dengan adanya pelatihan ini diharapkan siswa/siswi SMK dapat memenuhi permintaan dari pengguna jasa konstruksi.
Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kewajiban dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan wujud partisipasi kampus khususnya jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Gresik dalam meningkatkan kemampuan sumberdaya lokal generasi penerus bangsa. Hasil dari pelatihan ini adalah kenaikan target capaian pemahaman siswa/i dari rata-rata kelas 7 menjadi 8,86.
References
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.
Dhermawan, R., & Putro, S. (2011). STUDI TENTANG PENERAPAN MEDIA 3D SKETCHUP 1 STUDI TENTANG PENERAPAN MEDIA 3D SKETCHUP DALAM PEMBELAJARAN DI SMK.
Devi, P. A. R., Rahim, A. R., Sukaris, S., & Widiharti, W. (2023). PEMBERDAYAAN UMKM MASYARAKAT MELALUI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN YANG UNGGUL DAN BERDAYA SAING. DedikasiMU: Journal of Community Service, 5(4), 418–424.
Ferry, F., & Indrastuti, I. (2020). Penerapan Building Information Modelling (BIM) pada proyek Pembangunan Workshop (studi kasus: Proyek Pembangunan Workshop kapal di sekupang). Journal of Civil Engineering and Planning (JCEP), 1(1), 7–15.
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. NUSANTARA, 3(2), 150–165.
Mahapatni, I. A. P. S. (2019). Metode Perencanaan dan Pengendalian Proyek Konstruksi. Unhi Press.
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Prafitasiwi, A. G., Ayunaning, K., Sutrisno, R. D., Alfianidah, R., & Leowanda, D. (2023). PELATIHAN MANAJEMEN WAKTU PROYEK KONSTRUKSI BERBASIS APLIKASI MICROSOFT PROJECT PADA SISWA SMA/SMK. DedikasiMU: Journal of Community Service, 5(2), 199–206.
Setiawan, S. (2011). Google SketchUp Perangkat Alternatif dalam Pemodelan 3D. Jurnal ULTIMATICS, 3, 6–10. https://doi.org/10.31937/ti.v3i2.298