PENGEMBANGAN HASIL PERTANIAN DENGAN MEMBUAT PRODUK OLAHAN PRODUK ES JAGUNG GUNA MENINGKATKAN NILAI JUAL DI DESA SUMBER AGUNG

  • Kholidia Ayunaning Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Widiharti Widiharti Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Desa Sumber Agung terletak di wilayah Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan. Lokasi dari Desa Sumber Agung berada di Kecamatan Mantup Lamongan sebelah barat Desa Sumberkerep yang berbatasan antara Gresik dan Lamongan. Desa Sumber Agung terdiri dari 3 Dusun, yang diantaranya Dusun Waru Lor, Dusun Gempol Waru, dan Dusun Banjar Selir. Desa Sumber Agung memiliki potensi lokal dari salah satu hasil pertanian mereka yaitu jagung. Jagung merupakan komoditas pangan strategis setelah padi dan menjadi sumber pangan alternatif yang mengandung banyak gizi. Akan tetapi masyarakat Desa Sumber Agung masih belum memiliki pengetahuan dalam mengolah serta memanfaatkan hasil pertanian jagung Kegiatan pelatihan pembuatan produk Es Jagung yang diberikan oleh Mahasiswa KKN Reguler Universitas Muhammadiyah Gresik ditujukan untuk masyarakat Desa Sumber Agung guna dapat meningkatkan serta mengoptimalkan pengembangan potensi desa dengan pengetahuan terkait ekonomi kreatif pengolahan hasil tani komoditas jagung. Pelatihan ini diikuti oleh 30 warga Desa Sumber Agung, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengolah hasil pertanian mereka terutama jagung dan dapat menciptakan peluang usaha, serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 22, 2023
How to Cite
AYUNANING, Kholidia et al. PENGEMBANGAN HASIL PERTANIAN DENGAN MEMBUAT PRODUK OLAHAN PRODUK ES JAGUNG GUNA MENINGKATKAN NILAI JUAL DI DESA SUMBER AGUNG. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 462-468, nov. 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/6777>. Date accessed: 17 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i4.6777.