PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DALAM PENINGKATAN KEBERANIAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 10-11 MA MUHAMMADIYAH SIDAYU

  • Nur Cahyadi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nafisatu Khoirun Nisa Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Achmad Thoriqul Kamil Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dicky Fatkhur Rakhman Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Public Speaking adalah kemampuan untuk berbicara di depan khalayak umum. Kemampuan ini merupakan keterampilan berbicara yang ditentukan berdasarkan latihan, pengalaman, teori dan juga praktek yang rutin. Kemampuan yang didapat dari membaca dan teori hanya sebagai penunjang saja, tetapi pengetahuan praktik yang baik akan mempercepat penguasaan public speaking yang terlatih, sehingga penguasaan teori tetap juga penting. Kemampuan public speaking harus dimiliki oleh setiap orang khususnya seseorang yang sering berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain. Misalnya seorang dai, penceramah, pengacara, humas, pembawa acara atau berbagai profesi lain. Kemampuan penyampaian secara verbal lebih ditonjolkan dan diutamakan dalam hal penguasaan materi public speaking.


Dengan demikian, sudah sebaiknya siswa-siswi dikenalkan dengan kegiatan public speaking, agar kedepannya mereka tidak kaku ketika berbicara didepan umum dan sebagai salah satu persiapan untuk menjadi public speaker yang baik.


Kegiatan ini merupakan salah satu pengabdian ilmu yang dapat penulis laksanakan dalam rangkaian proses KKN. Kegiatan ini dilaksanakan agar dapat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan pendidikan siswa-siswi MA Muhammadiyah Sidayu tepatnya di Desa Bunderan, Sidayu terkait public speaking.


Tujuan dari kegiatan ini agar siswa-siswi sadar akan pentingnya menguasai public speaking dalam Bahasa Inggris. Selain itu juga agar siswa-siswi dapat mengerti mengenai apa itu public speaking serta tata cara menjadi public speaker yang memiliki keterampilan, kepercayaan diri dan dapat dipahami oleh pendengar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 1, 2022
How to Cite
CAHYADI, Nur et al. PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DALAM PENINGKATAN KEBERANIAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS 10-11 MA MUHAMMADIYAH SIDAYU. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 235-241, june 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3997>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i2.3997.
Section
Articles