UPAYA MENINGKATKAN PENGHASILAN RUMAH TANGGA DENGAN PELATIHAN BANDENG CABUT DURI DI DESA GOSARI KECAMATAN UJUNG PANGKAH KABUPATEN GRESIK

  • Muhammad Khaniful Umam Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Siti Qozaemah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ali Yusak Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi di Desa Gosari adalah tidak adanya usaha rumah tangga olahan ikan di desa itu, oleh karena itu kita berinisiatif untuk mengadakan pelatihan bandeng cabut duri, Hal itu dikarenakan ikan bandeng memiliki banyak duri sehingga masyarakat kurang menyukai, namun ikan bandeng memiliki kelebihan nutrisi yang tinggi terutama asam lemak tak jenuh Omega-3 (ω3) mencapai  14,2%  dan  kandungan  protein  20%.     Sehubungan  dengan  itu,  kegiatan  ini  bertujuan meningkatkan nilai jual ikan bandeng dan meningkatkan penghasilan rumah tangga melalui kegiatan pelatihan mencabut duri ikan bandeng. Metode yang digunakan adalah kegiatan pelatihan dan pendampingan mencabut duri ikan bandeng yang diikuti oleh ibu-ibu PKK, serta masyarakat sekitar yang memiliki keinginan untuk berwirausaha. Hasilnya adalah ikan bandeng tanpa duri yang dapat dijual ke konsumen atau bisa diolah menjadi produk lainnya. Kesimpulannya adalah ikan bandeng tanpa duri memiliki peluang bisnis yang menguntungkan dengan kenaikan harga jualnya, sehingga dapat meningkatkan industri rumah tangga olahan ikan di Desa Gosari Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2021
How to Cite
KHANIFUL UMAM, Muhammad et al. UPAYA MENINGKATKAN PENGHASILAN RUMAH TANGGA DENGAN PELATIHAN BANDENG CABUT DURI DI DESA GOSARI KECAMATAN UJUNG PANGKAH KABUPATEN GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 705-712, mar. 2021. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/2349>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i1.2349.