PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 08 CERME

  • Bahaudin Mudhori Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Aslich Maulana Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Abstrak: Penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif saat pembelajaran fikih, menjadi faktor penyebab kurang aktifnya pembelajaran yang dilakukan dikelas. Oleh karena itu penggunaan metode yang tepat akan menjadi salah satu faktor berhasilnya guru dalam melakukan proses pembelajaran, penggunaan metode yang tepat juga bisa membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan membuat siswa bisa secara aktif terlibat dalam pembelajaran di Kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada pembelajaran fikih dan juga untuk mengetahui hambatan dan pendukung dalam metode demonstrasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi yang bersumber dari guru dan juga siswa SMA Muhammadiyah 08 Cerme. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode demonstrasi saat pembelajaran, siswa menjadi aktif dan pembelajaran di kelas lebih hidup. Adapun faktor yang mendorong untuk berhasilnya metode demonstrasi yang pertama siswa yang aktif memperhatikan, kedua materi pembelajaran yang bersifat praktik dan yang ketiga penggunaan kurikulum K13. Adapun faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan metode demonstrasi adalah siswa yang kurang memperhatikan, dan juga perlunya persiapan yang matang baik dari segi peralatan dan tempat serta persiapan seorang guru dalam mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 4, 2020
How to Cite
MUDHORI, Bahaudin; MAULANA, Aslich. PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 08 CERME. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 021-034, apr. 2020. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/1374>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1374.