PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP TEACHER EFFECTIVENESS GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Awang Setiawan Wicaksono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Setyani Alfinuha

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v19i2.8340

Keywords:

Peran guru sebagai bagian dari tenaga pendidik merupakan profesi yang menantang. Terdapat banyak kemampuan harus dimiliki guru seperti pengetahuan akan materi yang diajarkan, keterampilan mengajar, kemampuan pengelolaan waktu, perencanaan pengajaran yang efektif, pengelolaan kelas, dan berbagai keterampilan yang mendukung lainnya. Oleh sebab itu, guru memerlukan teacher effectiveness agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab secara efektif. Salah satu variabel yang memengaruhi teacher effectiveness yaitu kecerdasan emosi. Penelitian ini berupaya menggali pengaruh emotional intelligence terhadap teacher effentiveness. Pendekatan yang digunakan pada panelitian ini yaitu kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 44 yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar. Skala yang diguanakan yaitu Teacher Effectiveness Scale dan Self-Rated Emotional Intelligence Scale. Analisis yang digunakan adalah analysis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emotional intelligence berpengaruh secara signifikan terhadap teacher effectiveness.

Abstract

Peran guru sebagai bagian dari tenaga pendidik merupakan profesi yang menantang. Terdapat banyak kemampuan harus dimiliki guru seperti pengetahuan akan materi yang diajarkan, keterampilan mengajar, kemampuan pengelolaan waktu, perencanaan pengajaran yang efektif, pengelolaan kelas, dan berbagai keterampilan yang mendukung lainnya. Oleh sebab itu, guru memerlukan teacher effectiveness agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab secara efektif. Salah satu variabel yang memengaruhi teacher effectiveness yaitu kecerdasan emosi. Penelitian ini berupaya menggali pengaruh emotional intelligence terhadap teacher effentiveness. Pendekatan yang digunakan pada panelitian ini yaitu kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 44 yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar. Skala yang diguanakan yaitu Teacher Effectiveness Scale dan Self-Rated Emotional Intelligence Scale. Analisis yang digunakan adalah analysis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emotional intelligence berpengaruh secara signifikan terhadap teacher effectiveness.

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Wicaksono, A. S., & Alfinuha, S. (2024). PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP TEACHER EFFECTIVENESS GURU SEKOLAH DASAR. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 19(2), 132–142. https://doi.org/10.30587/psikosains.v19i2.8340

Issue

Section

Original Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.