Keimanan dan Kecerdasan Adversitas Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi

Authors

  • Caca Ismail Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Anwar Anwar Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Narastri Insan Utami Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i1.4507

Keywords:

Kecerdasan Adversitas, Keimanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keimanan dengan kecerdasan adversitas pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara keimanan dengan kecerdasan adversitas pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 73 orang mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Data diambil menggunakan Skala Kecerdasan Adversitas dan Skala Keimanan. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) = 0,645 (p<0,01) dengan sumbangan koefisien determinansi (R2 )= 0,415. Berdasarkan data ini, diketuhi bahwa keimanan memberikan sumbangan efektif terhadap kecerdasan adversitas sebesar 41,5%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian diterima dan terbukti ada hubungan positif antara keimanan dan kecerdasan adversitas mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.

References

Aisha, D. L. (2014). Hubungan antara religiusitas dengan resiliensi pada remaja di panti
asuhan keluarga yatim muhammadiyah surakarta. Naskah Publikasi. Solo:
Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Asmawan, A. (2017). Analisis kesulitan mahasiswa menyelesaikan skripsi. Jurnal
Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 51-57.
Cornista, G. L., & Macasaet, C. A. (2013). Adversity quotient® and achievement
motivation of selected third year and fourth year psychology students of de la salle
lipa, ay 2012-2013. Unpublished Undergraduate Thesis. Batangas: De La Salle Lipa.
Diakses 21 Juli 2019 dari
https://www.peaklearning.com/documents/PEAK_GRI_cornista-macasaet.pdf ).
Dwi Fibrianti, I. (2009). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan prokratinasi
akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa fakultas psikologi
universitas diponegoro semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Fernando, K.M.S., Pelominos, R.S., Perez., D., Rabor M. A. & Tubo, M. J. (2018). The
relationship between the level of self-esteem and adversity quotient® of beed III-D
students of bulacan state university-bustos campus A.Y 2017-2018. Skripsi. Diakses
21 Juli 2019 dari https://www.peaklearning.com/wpcontent/uploads/2019/05/PEAK_GRI_Fernando-et-al_June-2018-2.pdf.
Huijuan, Z. (2009). The adversity quotient and academic performance among college
students at st. Joseph’s college quezon city. Skripsi. Quezon, Filipina: St. Joseph
College Quezon City.
Januarti, R. (2009). Hubungan antara persepsi terhadap dosen pembimbing dengan tingkat
stress dalam menulis skripsi. Skripsi. Solo: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kurnia, Ikhsan & Eva Dania. (2017). Transcendental adversity management. Yogyakarta:
Pustaka Ilmu.
Lailiya. (2018). Pengaruh tingkat stres terhadap proses penyelesaian skripsi pada
mahasiswa pendidikan agama islam universitas islam indonesia. Skripsi.
Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Miller-Perrin C., & E. K. Mancuso. (2015). Faith from a positive psychology perespective.
New York: Springer.
Ningsih, P. (2013). Pengaruh tawakal terhadap adversity quotient pada santri pondok
pesantren al-ishlah mangkang kulon tugu semarang. Disertasi. Salatiga: IAIN
Walisongo.
Parrott, R., K. Silk, J. R. Krieger, T, Harris & C. Condit. (2004). Behavioral health
outcomes associated with religious faith and media exposure about human genetics.
Health Communication, 16(1), 29-45
Putri, S. A., Zulharman, Z., & Firdaus, F. (2015). Hubungan adversity quotient dengan
tingkat stres akademik pada dokter muda fakultas kedokteran universitas riau. Jurnal
Online Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau, 3(2), 1-8.
Sari, C., Firdaus, D. Risma. (2014). Hubungan adversity quotient dengan tingkat stres pada
mahasiswa tahun pertama fakultas kedokteran universitas riau. Jurnal Online
Mahasiswa Fakultas Kedokteran, 1(4).
Setyawan, I. (2011). Peran ketrampilan belajar kontekstual dan kemampuan empati
terhadap adversity intelligence pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 9 (1), 40-
49.
Shodiq, S. (2017). Mengukur keimanan: Konstrak teoritik dan pengembangan instrumen.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Stoltz, Paul G. (2000). Adversity quotient : mengubah hambatan menjadi peluang. Jakarta:
PT. Grasindo.
Supardi, U. S. (2015). Pengaruh adversity qoutient terhadap prestasi belajar matematika.
Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).
Warapsari, L. F. (2015). Adversity quotient pada mahasiswa berprestasi. Naskah Publikasi.
Solo: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yoga, Miarti. (2016). Advesity quotient: Agar anak tak gampang menyerah. Solo: Tinta
Medina.
Yulianingsih. (2019). Hubungan antara motivasi berprestasi dan optimisme dengan
kecerdasan adversitas pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Skripsi.
Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

Ismail, C., Anwar, A., & Utami, N. I. (2022). Keimanan dan Kecerdasan Adversitas Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 15(2), 166–174. https://doi.org/10.30587/psikosains.v16i1.4507

Issue

Section

Original Research