APAKAH PENGHAFAL AL-QURAN MEMILIKI KECERDASAN EMOSIONAL TINGGI?

  • Naning Yuliani STAI Al-Azhar Menganti Gresik
  • Dwi Nur Anika
  • Siti Mufarochah
  • Umi Masfuroh

Abstract

Dalam menghafal Al-Qur’an menuntut kemampuan mengendalikan kecerdasan emosional. Sedangkan siswa mudah putus asa, kurang keberanian sehingga hafalan menumpuk dan tertunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an dan tingkat kecerdasan emosional siswa di SMP Unggulan Al-Furqon Kota Baru Driyorejo Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi dengan subjek adalah siswa kelas VIII SMP Unggulan Al-Furqon Kota Baru Driyorejo Gresik sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes lisan, interview, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Kecerdasan Emosional siswa SMP Unggulan Al-Furqon Kota Baru Driyorejo Gresik memperoleh kategori sedang (54%), kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa SMP Unggulan Al-Furqon Kota Baru Driyorejo Gresik memperoleh kategori sedang (50%). Hasil perhitungan rumus rhitung (16,583) lebih besar dari nilai rtabel (9,49) dengan taraf signifikan 5%. Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an.


 


Kata kunci : kecerdasan emosional, menghafal Al-Qur’an, tahfidz

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 4, 2024
How to Cite
YULIANI, Naning et al. APAKAH PENGHAFAL AL-QURAN MEMILIKI KECERDASAN EMOSIONAL TINGGI?. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), [S.l.], v. 19, n. 2, p. 201-209, sep. 2024. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/5806>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v19i2.5806.
Section
Original Research