Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Teknik Informatika Di Universitas Muhammadiyah Gresik

  • Tri Rahmawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Awang Setiawan Wicaksono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ima Fitri Sholichah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap stres akademik pada mahasiswa angkatan 2019 program studi teknik informatika di universitas muhammadiyah Gresik. Penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiwa program studi teknik informatika angkatan 2019 berjumlah 99 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini sampling jenuh. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala kecerdasan emsoional dan sekala stres akademik. Metode pengumpulan data mengunakan kuesioner dalam bentuk skala likert dengan 4 pilihan jawaban dengan uji regresi sederhana. Uji validitas skala menggunakan validitas isi (Content Validity). Uji reabilitas  menggunakan teknik Alpha Cronbach dan program SPSS 18.0 For Windows.Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat di tarik simpulkan bahwa bahwa Ha ditolak Ho diterima artinya tidak terdapat pengaruh antara variabel kecerdasan emosional terhadap stres akademik   mahasiswa angkatan 2019 Progam Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Gresik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi non linear pada tabel Coefficients, terlihat dari probabilitas signifikansinya >0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho di terima Ha di tolak artinya variabel kecerdasan emosional tidak berpengaruh oleh stres akademik, dengan persamaan matematis y=-12.606 koefisien regresi kecerdasan emsoional yaitu 0,880. Hasil analisis data dari teknik regresi non linier dari tabel model summery menunjukan bahwa nilai R2 (R Square) sebesar 0,346 atau 34,6%. Koefisien determinan digunakan untuk mengatahui prosentase pengaruh variabel independen terhadap dependen. Dapat diartikan bahwa variabel indenpenden (kecerdasan emsoional) mempengaruhi perubahan variabel dependen (stres akademik) adalah sebesar 34,6%. Sedangkan sisanya 65,4% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel independen yang diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 12, 2022
How to Cite
RAHMAWATI, Tri; WICAKSONO, Awang Setiawan; SHOLICHAH, Ima Fitri. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Teknik Informatika Di Universitas Muhammadiyah Gresik. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 107-116, sep. 2022. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/4560>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v16i2.4560.
Section
Original Research