Pengaruh Kecemasan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surabaya

  • Nur Laely Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Awang Setiawan Wicaksono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Noer Suci Endah Puspitaningrum Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Siswa yang mengalami kecemasan yang disebabkan karena tekanan akademik yang bersumber dari proses belajar mengajar atau hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan belajar biasa disebut kecemasan akademik.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecemasan akademik terhadap prestasi belajar. Variabel kecemasan akademik dalam penelitian ini diukur menggunakan Skala Kecemasan Akademik sedangkan prestasi belajar menggunakan hasil belajar yang didapatkan oleh siswa selama satu semester. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 394 siswa, kemudian untuk menentukan jumlah sampel menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh jumlah sebanyak 198 siswa tetapi pada identifikasi akhir mendapatkan responden penelitian sebanyak 167 orang dengan kategori seluruh siswa kelas X MIPA dan IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan akademik berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,023 atau dengan kata lain sebesar 2,3% dari kecemasan akademik mempengaruhi prestasi belajar. Subjek pada penelitian ini yang mengalami kecemasan paling banyak berada pada kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 129 siswa. Kemudian siswa dengan prestasi belajar cukup memperoleh frekuensi paling banyak yaitu sebesar 155 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 12, 2022
How to Cite
LAELY, Nur; WICAKSONO, Awang Setiawan; PUSPITANINGRUM, Noer Suci Endah. Pengaruh Kecemasan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surabaya. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi), [S.l.], v. 17, n. 1, p. 64-72, sep. 2022. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/4566>. Date accessed: 28 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4566.
Section
Original Research