Pengaruh Kecemasan Sosial Terhadap Social Media Addiction Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2018-2020 Universitas X Dimasa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30587/psikosains.v17i2.4590Keywords:
Kecemasan Sosial, Media Addiction, Mahasiwa PsikologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh antara kecemasan sosial terhadap social media addiction pada mahasiswa psikologi angkatan 2018-2020 Universitas Muhammadiyah Gresik dimasa pandemi Covid-19. Penelitian ini menganalisis data yang didapat dari sampel sebanyak 151 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala Social Media Addiction yang disusun berdasarkan teori dari Griffiths (2005) dan skala Kecemasan Sosial yang disusun berdasarkan teori dari LaGreca dan Lopez (2005). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah yaitu teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh kedua variabel adalah kuesioner yang disusun dalam bentuk skala likert dan dibagikan melalui google formulir. Metode analisis statistik yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil uji regresi sederhana menghasilkan nilai R = 0,265 dengan taraf signifikan (p) = 0,001 < 0,05 yang berarti adanya pengaruh signifikan antara variabel social media addiction terhadap kecemasan sosial. Berdasarkan analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh social media addiction terhadap kecemasan sosial pada mahasiswa psikologi angkatan 2018-2020 Universitas Muhammadiyah Gresik dimasa pandemi Covid-19.
References
Andreassen, C. S. (2015). Online social network site addiction: A comprehensive review. Current Addiction Reports, 2(2), 175– 184. https://doi.org/10.1007/s40429-015-0056-9.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasainya, 99-108.
Azka, F., Firdaus, D. F., & Kurniadewi, E. (2018). Kecemasan Sosial dan Ketergantuungan Media Sosial pada Mahasiswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 201-210.
Azwar, S. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barlow, D. H., & Durand, M. V. (2015). Abnormal Psychology: An Integrative Approach. Canada: Cengage Learning.
Bright, L., Kleiser, S. B., & Grau, S. L. (2015;44). Too much Facebook? An exploratory examination of social media fatigue. Comput. Hum. Behav., 148-155.
Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masayarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan KIat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 217-226.
Chaplin, C. P. (2000). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dayakisni, T., & Hudaniah. (2015). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.
Dhir, A., Yossantorn, Y., Kaur, P., & Chen, S. (2018). Online social media fatigue and psychological wellbeing - A study of compulsive use, fear of missing out, fatigue, anxiety and depression. International Journal of Information Management, 141-152.
Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 1-4.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Gunawan, C. (2018). MahirMenguasai SPP. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hakim, S. N., & Raj, A. A. (2017). Dampak Kecanduan Internet (Internet Addiction) pada Remaja. Prospending, 280-284.
Hendra. (2020, Oktober). Manajemen Kelelahan (Fatigue) Pekerja. Pedia Ilmu Media Meningkatkan Ilmu. https://pediailmu.com/manajemen/konsep-dan-teori-fatigue/, diakses Desember 2020.
Hapsari, M. I., & Hasanat, N. U. (2010). Efektivitas Pelatihan Keterampilan Sosial Pada Remaja Dengan Ganguan Kecemasan Sosial. PSYCHO IDEA, 18-37.
Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi di Indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED Vol.7 No.2 Desember, 13-23.
Hootsuite. 2020. We Are Social. Indonesian Digital Report 2020.
Hurlock.E. B. (1999). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang kehidupan. Edisi 5. Erlangga: Jakarta.
Islam, A. K., Laato, S., Talukder, S., & Sutinen, E. (2020). Misinformation sharing and social media fatigue during COVID-19: An affordance and cognitive load perspective. Technol Forecast Soc Change.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7354273/, Diakses Desember 2020.
La Greca, A.M, Lopez, N. (1998). Social anxiety among adolescents : Linkages with peer relation and friendships. Journal of Abnormal Child Psychology. 26,83-94.
Lee, A. R., Soo, S. M., & Kim, K. K. (2016;55). Information and communication technology overload and social networking service fatigue: A stress perspective. Computers in Human Behavior, 51-61.
Liu, J., Modrek, S., & Sieverding, M. (2017). The mental health of youth and young adults during the transition to adulthood in Egypt. Demografi Research, 36, 1721-1758. doi:doi:10.4054/DemRes.2017.36.56.
McGaffney, T. (2019, February 3). 7 articles about what causes social media fatigue. Strategic Social Media Lab., p. 1.
McQuail, D. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta, Salemba Humanika.
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1-9.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Santrock, J. W. (2012). Life-Span development. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Soliha, S. F. (2015). Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial dan Kecemasan Sosial. Jurnal Interaksi, Vol. 4 No. 1, , 1-10.
World Health Organization. (2020). WHO reference number: WHO/2019-nCoV/MentalHealth/2020.1
Zulva, T. N. I. (2020). Covid-19 Dan Kecenderungan Psikosomatis. J. Chem. Inf. Model,14.https://www.academia.edu/42352261/COVID_19_dan_Kecenderungan_Psikosomatis, diakses Desember 2020.
https://kbbi.web.id/mahasiswa, diakses November 2020.
http://umg.ac.id/index.php/fakultas/11, diakses Juli 2021.
http://umg.ac.id/index.php/list_profil, diakses Juli 2021.