PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP TEACHER EFFECTIVENESS GURU SEKOLAH DASAR

  • Awang Setiawan Wicaksono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Setyani Alfinuha

Abstract

Peran guru sebagai bagian dari tenaga pendidik merupakan profesi yang menantang. Terdapat banyak kemampuan harus dimiliki guru seperti pengetahuan akan materi yang diajarkan, keterampilan mengajar, kemampuan pengelolaan waktu, perencanaan pengajaran yang efektif, pengelolaan kelas, dan berbagai keterampilan yang mendukung lainnya. Oleh sebab itu, guru memerlukan teacher effectiveness agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab secara efektif. Salah satu variabel yang memengaruhi teacher effectiveness yaitu kecerdasan emosi. Penelitian ini berupaya menggali pengaruh emotional intelligence terhadap teacher effentiveness. Pendekatan yang digunakan pada panelitian ini yaitu kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 44 yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar. Skala yang diguanakan yaitu Teacher Effectiveness Scale dan Self-Rated Emotional Intelligence Scale. Analisis yang digunakan adalah analysis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emotional intelligence berpengaruh secara signifikan terhadap teacher effectiveness.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 28, 2024
How to Cite
WICAKSONO, Awang Setiawan; ALFINUHA, Setyani. PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE TERHADAP TEACHER EFFECTIVENESS GURU SEKOLAH DASAR. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 132-142, aug. 2024. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/8340>. Date accessed: 26 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v19i2.8340.
Section
Original Research