Pengaruh Academic Self-Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Gresik

  • Novida Apriliani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Awang Setiawan Wicaksono Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Prianggi Amelasasih Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh academic self-management terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 193 melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Skala Academic Self-Management dan Skala Prokrastinasi Akademik kemudian diuji validitasnya menggunakan validitas isi dan uji reliabilitasnya menggunakan korelasi reliabilitas Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang diguakan yaitu analisis regresi linier sederhana guna menjawab hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh academic self-management terhadap prokrastinasi akademik ditunjukkan dengan p< 0,05 yang artinya Ha diterima. 2) Pengaruh yang diberikan academic self-management terhadap prokrastinasi akademik sebesar 48,7%. 3) Academic self-management memiliki hubungan dengan prokrastinasi akademik yang berarah negatif sebesar -0,470. 4). Hasil penelitian ini yang nantinya diharapkan dapat menjadi refrensi bagi penelitian yang ingin meneliti hal serupa dapat mengembangkan faktor yang dapat mempengaruhi prokrastinasi akademik misalnya faktor individual (gender, usia dan bidang jurusan yang dipilih).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 12, 2022
How to Cite
APRILIANI, Novida; WICAKSONO, Awang Setiawan; AMELASASIH, Prianggi. Pengaruh Academic Self-Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Gresik. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 54-63, sep. 2022. ISSN 2615-1529. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/4565>. Date accessed: 08 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4565.
Section
Original Research