Teori Prospek Menjelaskan Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Ketidakpastian (uncertainty

Authors

  • Asri Rejeki

DOI:

https://doi.org/10.30587/psikosains.v9i2.245

Keywords:

prospek teori, gain, loss, uncertainty, risk-averse, risk-seeking

Abstract

Pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen tidak semata-mata
berdasarkan pertimbangan rasional semata. Aspek emosional turut berpengaruh dalam
pengambilan keputusan. Dalam kondisi ketidakpastian (uncertainty) konsumen akan
memutuskan pembelian berdasarkan pertimbangan untung (gain) dan rugi (loss).
Konsumen akan menghindari resiko (risk-averse) jika hasil yang akan diperoleh
dipersepsikan untung. Sedangkan konsumen akan mencari resiko (risk-seeking) jika
hasil yang akan diperoleh dipersepsikan rugi.

Downloads

Published

2018-01-16

How to Cite

Rejeki, A. (2018). Teori Prospek Menjelaskan Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Ketidakpastian (uncertainty. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 9(2), 110–117. https://doi.org/10.30587/psikosains.v9i2.245

Issue

Section

Original Research